Tak Ditemukan Tanda Kekerasan, Polisi Akhirnya Kebumikan Jasad Yospina Yeimo

DIMAKAMKAN | Jenazah almarhumah Yospina Yeimo dimakamkan di TPU SP 1, Kelurahan Kamoro Jaya, Mimika, Papua, Jumat (11/2/2022). (Foto: Ist/Seputarpapua)
DIMAKAMKAN | Jenazah almarhumah Yospina Yeimo dimakamkan di TPU SP 1, Kelurahan Kamoro Jaya, Mimika, Papua, Jumat (11/2/2022). (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Polres Mimika akhirnya memutuskan memakamkan jenazah almarhumah Yospina Yeimo, yang sebelumnya ditemukan meninggal dunia oleh anak kecil di area kebun, lorong Kelapa Gading, Gang Flora, Jalan Hasanuddin, Mimika, Papua, pada Kamis sore, 10 Februari 2022.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar menyampaikan, jasad almarhumah setelah dilakukan pemeriksaan atau visum luar oleh pihak RSUD Mimika, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan.

Proses visum luar yang dilakukan tim medis tersebut, turut didampingi oleh pihak keluarga korban.

Pada wajah almarhumah sudah mengalami pembusukan dan terdapat belatung. Kemudian tidak ditemukan adanya luka pada bagian tubuh. Rambut mudah terlepas, perut kembung hingga kulit mudah terkupas.

“Tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada jenazah,” demikian disampaikan Iptu Bertu dalam keterangannya yang diterima Seputarpapua.com, Jumat (11/02/2022).

Almarhumah menggunakan baju koas berwarna hitam dan bermotif batik warna kuning, putih dan abu-abu. Dan menggunakan celana pendek putih bergaris biru.

Selain itu ditemukan satu noken warna hitam berisikan kantong plastik warna merah, benang, penutup botol, pisau kater dan karet gelang. Serta satu noken warna kuning biru oranye dan satu noken kepala.

Usai melakukan visum, keluarga korban bersepakat untuk tidak membawa korban ke rumah duka, dengan alasan bahwa keluarga korban tidak ada yang bersedia bertanggungjawab sepenuhnya untuk mengkremasi jenazah mulai dari menyediakan peti jenazah, biaya pemakaman dan lain-lain, lantaran jenazah sudah rusak.

“Selama ini korban hidup menyendiri tanpa adanya sokongan dari keluarganya. Korban memenuhi kebutuhan hidupnya selama ini dengan cara meminjam lahan milik saudari Adriana Kambu untuk berkebun, dan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.”

Dengan adanya keterbatasan dan ketidakmampuan keluarga maupun kerabat almarhumah, maka diambil kesimpulan bahwa poses pemakaman diurus oleh pihak kepolisian.

Sementara itu Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena yang dikonfirmasi Seputarpapua.com, menyampaikan bahwa proses pemakaman jenazah almarhumah telah dilakukan Jumat pagi tadi di Kelurahan Kamoro Jaya, SP 1.

“Tadi pagi sudah dibawa ke TPU SP 1 untuk dimakamkan,” ujarnya.

Sebelumnya, jenazah almarhumah Yospina Yeimo ditemukan oleh dua anak kecil yang melintas dijalan setapak area perkebunan RT 13, area Irigasi Jalan Hasanuddin, pada Kamis sore.

Temuan sesosok mayat itu kemudian disampaikan kepada Ketua RT 13 yang selanjutnya melakukan pengecekan untuk memastikan kebenarannya, lalu dilaporkan ke pihak kepolisian setempat.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.