Tak Jadi Latih Persipura, Eduard Ivakdalam Memilih Persewar Waropen

Eduard Ivakdalam. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Eduard Ivakdalam. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA |  Eduard Ivakdalam akhirnya memilih tim barunya Persewar Waropen pada kompetisi Liga 2 musim 2022/2023. Bergabungnya Eduard Ivakdalam ke mutiara bakau julukan Persewar menandakan legenda sepakbola Indonesia ini tak jadi digadang-gadang masyarakat Papua melatih Persipura Jayapura.

Sebelumnya memang Eduard Ivakdalam digadang-gadang akan melatih Persipura Jayapura, hal itu juga diminta oleh eks defender Persipura Jack Komboy maupun beberapa mantan pemain yang tergabung dalam All Star Persipura.
Kepastian Eduard Ivakdalam bergabung disampaikan dalam akun resmi Persewar Waropen.

“Selamat datang kembali coach Eduard Ivakdalam. Coach Edu resmi melatih Persewar Waropen pada kompetisi Liga 2 tahun 2022/2023. Persewar Waropen menjadi salah satu dari tiga tim asal Papua yang berlaga di kompetisi kasta kedua Liga Indonesia ini, setelah PSBS Biak dan Persipura Jayapura,” tertulis dalam akun resmi official Persewar Waropen, Minggu (15/5/2022).

Kursi kepelatihan yang dijabat saat ini bagi legenda hidup Persipura Jayapura ini menggantikan pelatih sebelumnya Elie Aiboy.

“Coach Edu sebelumnya juga pernah melatih Persewar Waropen saat tim mutiara bakau masih merintis di Kompetisi Liga 3,” katanya.

“Tak lupa kami jajaran manajemen tim dan official Persewar Waropen juga turut menyampaikan terima kasih kepada coach Elie Aiboy atas dedikasi dan karyanya bagi klub kebanggaan kita bersama,” tandasnya.

Diketahui sosok Eduard Ivakdalam tidak asing dalam dunia sepakbola Indonesia. Dia merupakan seorang legenda. Pria kelahiran Merauke itu tercatat pernah membela tiga tim di Papua yakni Persipura Jayapura, Persidafon Dafonsoro, dan Persiwa Wamena.

Persipura menjadi klub yang paling lama dibelanya semasa aktif bermain sepak bola. Di klub berjuluk Mutiara Hitam itu, Eduard menghabiskan waktu selama 16 tahun.

Selama berkarier di lapangan hijau, Eduard Ivakdalam dikenal sebagai sosok gelandang elegan motor serangan timnya. Selama lebih dari satu dekade berseragam merah hitam Persipura, Eduard mampu membawa Mutiara Hitam menjuarai Liga Indonesia sebanyak dua kali yaitu pada musim 2005 dan 2008-2009.

Selain itu Dia juga merupakan bagian timnas Indonesia yang meraih medali perak pada ajang SEA Games 1997. Eduard Ivakdalam memutuskan gantung sepatu pada 2014 dengan klub terakhir Persiwa Wamena dan prestasi terakhirnya sukses membawa sepakbola PON Papua meraih medali emas tahun 2021 lalu.

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.