Taklukkan Tuan Rumah Jungle Boys, Wofle Sorong Juarai IBF 2022 Timika Series

FINAL | Partai final IBF 2022 Timika Series pertemukan tim tuan rumah Jungle Boys (putih) melawan tim tamu Wofle Sorong (hitam) di area basket Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua, Selasa (11/10/2022). Foto: Saldi/Seputarpapua

TIMIKA | Tim Wofle Sorong keluar sebagai juara putra Indonesia Basketball Festival (IBF) 2022 Timika Series setelah menaklukkan tim tuan rumah Jungle Boys pada laga final di arena basket Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua, Selasa (11/01/2022).

Tim tuan rumah di bawah asuhan pelatih Achmad Sofyan sebenarnya lebih dulu unggul atas tim tamu melalui strategi kerjasama tim pada quarter pertama.

Jungle Boys terlihat bermain santai dan terarah membuat Wofle Sorong sempat kewalahan mengimbangi permainan tuan rumah. Skor tuan rumah unggul 8-3 pada quarter pertama.

Begitu juga pada quarter kedua, Jungle Boys masih pada permainannya, lagi-lagi mengungguli tim tamu dengan skor 12-7.

Namun berbeda di quarter ketiga, tim tamu berbalik mengungguli tim tuan rumah setelah pelatih Riggs Ronsumbre memberi arahan ke pemainnya untuk bermain lepas. Di quarter ini, Wofle Sorong unggul dengan skor 14-18.

Berlanjut di quarter keempat, Wofle Sorong semakin gagah dengan memanfaatkan turunnya stamina tim tuan rumah. Meski sempat melawan, Jungle Boys belum mampu mengejar ketertinggalan, anyak peluang tidak dimanfaatkan maksimal.

Terpaut jauh dan tidak terkejar, Wofle Sorong akhirnya memenangkan partai final dengan skor akhir 17-28 dan berhak menjadi juara IBF putra Timika Series.

“Tadi di quarter pertama dan kedua, tim kami kewalahan. Namun saya tetap berpikir bagaimana caranya untuk lepas dari tekanan ini. Saya minta anak-anak bermain lepas, jangan ragu, dan percaya pada diri sendiri. Dan anak-anak menjalankan instruksi saya,” terang pelatih Wofle Sorong, Riggs Ronsumbre.

Riggs pun tidak pungkiri kualitas tim tuan rumah yang pada quarter awal sempat mengungguli tim asuhannya.

Sementara pelatih Jungle Boys, Achmad Sofyan, mengatakan strategi yang diterapkan tidak berjalan dalam pertandingan. Masih ada pemain yang dengan kebiasaannya bermain secara individu tanpa mengutamakan kerjasama tim.

“Ada beberapa pemain (bermain) diluar pola yang saya kasih. Itu yang menyebabkan lawan unggul. Saya sudah ingatkan terus untuk main kerjasama tim,” ujarnya.

Kemenangan Wofle Sorong menutup IBF 2022 Timika Series. Selanjutnya iven ini akan berlanjut di kota berikutnya, yaitu Denpasar, Bali.

reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.