Tanaman Hoya dari Timika Saat ini Jadi Primadona

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
TANAMAN | Petugas karantina pertanian saat memeriksa tanaman Hoya. (Foto: Ist for Seputarpapua)
TANAMAN | Petugas karantina pertanian saat memeriksa tanaman Hoya. (Foto: Ist for Seputarpapua)

TIMIKA | Pencinta tanaman hias di Timika tentu kenal dengan tanaman Hoya. Tanaman hias ini biasanya ditanam di pot yang digantung karena tumbuhan ini merambat hingga lima meter panjangnya.

Nama tanaman Hoya ini terbilang asing di telinga warga luar Timika dan masih sulit ditemukan jika dibandingkan dengan anggrek.

Tanaman ini tumbuh subur di Timika dan saat ini menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias karena memiliki bunga yang sangat cantik.

Menjadi primodona bagi pencinta tanaman hias di luar Timika diketahui melalui pemeriksaan pengiriman ke berbagai daerah, salah satunya Jogjakarta.

“Kami sering memeriksa pengiriman tanaman Hoya, dimana beberapa hari lalu kami baru menerima Pengguna Jasa yang mengajukan permohonan pemeriksaan tanaman Hoya sebanyak 30 batang yang akan diterbangkan menuju Jogjakarta,” kata petugas Karantina Tumbuhan, Desri dalam rilis yang diterima Seputarpapua.com, Kamis (25/2/2021).

Dijelaskan untuk pemeriksaan tanaman Hoya seperti biasanya, yakni pemeriksaan fisik dan kesehatan tumbuhan guna mencegah Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

“Jika dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan dan didapati tanaman tersebut sehat, dan bebas dari OPTK, sehingga dapat di terbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT-12),” terangnya.

Jika sudah ditanam di pot untuk area Jawa dan sekitarnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp45 ribu hingga ratusan ribu.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti