Tangani Covid-19, Pemkab Jayapura Alokasikan Rp100 Juta Perkampung

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw (Foto: Fnd/SP)

JAYAPURA | Pemerintah Kabupaten Jayapura mengalokasikan anggaran dana desa untuk penanganan covid-19, dan pemenuhan kebutuhan makanan bagi masyarakat kampung selama pembatasan sosial yang diberlakukan.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan alokasi dana desa ini dianggarkan untuk 139 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura.

Masing-masing kampung akan mendapatkan dana sebesar Rp100 juta.

“Dana kampung yang kita alokasikan sebesar Rp100 juta perkampung. Dana ini akan dianggarkan kepada 139 kampung dan 5 kelurahan di Kabupaten Jayapura,” katanya saat memberikan bantuan kepada warga di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/4) siang.

Bupati menjelaskan, dana Rp100 juta ini diberikan dalam dua tahap. Pertama berupa belanja barang alat kesehatan dan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pembatasan sosial.

“Dari Rp100 juta ini dialokasikan dalam bentuk barang dan uang. Dalam bentuk barang seperti pemenuhan alat kesehatan dan bahan makanan. Sementara selebihnya bisa digunakan untuk kerja tim gugus tugas di kampung,” jelasnya.

Sementara tahap kedua kata bupati, akan diberikan dalam bentuk tunai untuk membantu pemerintah kampung dalam upaya pencegahan virus corona atau covid-19 di 139 kampung ,dan 5 kelurahan di Kabupaten Jayapura.

“Untuk belanja alat kesehatan dan bahan makanan kita anggarkan Rp31 juta, sementara sisanya untuk upaya pencegahan virus corona atau covid-19 dan membantu masyarakat dalam usaha produktif dan juga pekerjaan padat karya di kampung-kampung,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.