Tangkap 2 Pencuri Motor, Polisi Lumpuhkan 1 Pelaku dengan ‘Timah Panas’

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
TANGKAP | Seorang pelaku Curanmor berinisial HH yang dilumpuhkan polisi dengan 'timah panas' mendapat perawatan medis. (Foto: Ist/Seputarpapua)
TANGKAP | Seorang pelaku Curanmor berinisial HH yang dilumpuhkan polisi dengan ‘timah panas’ mendapat perawatan medis. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Tim dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mimika, Papua, berhasil menangkap pelaku kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di kota Timika, Mimika, Papua. Satu dari dua pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan ‘timah panas’.

Seorang pelaku ditangkap di sekitar area SPBU Nawaripi, Jumat, 26 Maret 2021. Pelaku berinisial KS (17) mencuri sepeda motor Yamaha Vino warna hitam milik Adriano Mustamu, warga Jalan Serui Mekar pada Selasa, 23 Maret 2021 sekitar pukul 20.00 WIT di gang Kelapa Dua, Jalan Cenderawasih.

Saat itu korban berkunjung ke rumah kontrakan temannya. Saat hendak pulang, sepeda motor yang diparkir di depan kontrakan telah raib.

Saat itu menurut Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto, kunci masih melekat pada sepeda motor.

Terkait penangkapan pelaku KS, penyidik masih akan melakukan pengembangan untuk mengungkap kasus-kasus lainnya yang dilakukan pelaku.

 

INTEROGASI | Pelaku KS saat diinterogasi Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto di ruang penyidik. ( Foto: Saldi/Seputar Papua)

INTEROGASI | Pelaku KS saat diinterogasi Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto di ruang penyidik. ( Foto: Saldi/Seputar Papua)

 

Sementara itu, seorang pelaku lainnya dengan kasus yang sama juga berhasil ditangkap. Pelaku tersebut berinisial HH (40), warga Jalan Yos Sudarso. HH melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Mio milik GS, warga jalur 3 Jalan Kartini.

Pencurian itu dilakukan pada 12 Maret 2021 sekitar pukul 11.30 WIT di depan Toko Bata, Jalan Budi Utomo. Kejadiannya sama, kunci motor ditinggalkan korban masih lengket di motor. Pelaku memanfaatkan itu untuk membawa kabur sepeda motor.

“Itu ketika korban belanja sepatu. Saat itu anaknya tinggal di motor, kemudian pelaku naik di motor dan turunkan anak korban. Kemudian pelaku membawa lari motor,” jelas AKP Hermanto.

HH ditangkap pada Kamis siang, 25 Maret 2021 di rumahnya. Petugas terpaksa melumpuhkan yang bersangkutan dengan timah panas lantaran hendak melakukan perlawan untuk melarikan diri.

“Iya dilumpuhkan di rumah pelaku Jalan Yos Sudarso,” ujar AKP Hermanto.

Kedua pelaku kini diancam dengan Pasal 362 KUHP terkait pencurian, dengan ancaman hukuman maksimum 5 tahun.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga