Target 5 Emas di PON XX, POSSI Papua Seleksi Atlet Nomor Laut

Atlet Selam Papua (Foto: Humas Selam Papua)
Atlet Selam Papua (Foto: Humas Selam Papua)

JAYAPURA | Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Papua kembali menyeleksi atlet yang akan turun di nomor laut finswimming dan OBA (orientasi bawah air).

Seleksi atlet khusus dinomor laut bertujuan menetapkan atlet potensial yang akan turun pada perhelatan event olahraga Nasional PON XX Oktober 2021 mendatang.

Termasuk bagi penempatan daftar atlet sesuai dengan kategori by name dan number yang telah ditetapkan.

“Dari seleksi ini memang ada bebrapa atlet yang mesti kita degradasi. Namun bagi mereka yang terdegradasi tidak menutup kemungkinan untuk bisa dipakai pada saat Kejurnas selam,” kata Ketua Pengprov Selam Papua Gilbert Yakwart disela-sela pemantauan, Jumat (16/07/2021).

Gilbert memastikan, POSSI Papua tetap pada target awal meraih lima emas di event olahraga empat tahunan itu.

Namun ia tak menapik optimis atletnya bisa menambah perolehan medali emas diluar target yg ditetapkan, lantaran kualitas pemusatan latihan (TC) saat ini menunjukan progres peningkatan signifikan.

Terlebih menjadi tuan rumah, tentu memberikan motivasi tersendiri bagi Selam Papua untuk berprestasi gemilang.

“Kami pasti bisa meraih lebih dari target 5 emas karena perkembangan atlet sangat meningkat. Dan kami membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Papua agar atlet kita ini bisa latihan serius untuk berprestasi demi nama harum Papua di PON XX,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian POSSI Papua Imam Djuniawal meminta KONI setempat untuk dapat mengembalikan atlet selam Bumi Cenderawasih yang melalukan pemusatan latihan di luar Papua.

Sebab dikhawatirkan, jadwal latihan mereka yang berada di luar Papua terkendala kebijakan PPKM akibat pandemi Covid-19.

“Atlet kita ada di Jayapura, Jakarta dan Bogor.
Nah untuk atlet di Jakarta ini kita ingin mengubah strategi dengan dikembalikan ke Jayapura, sehubungan kolam renang di Jakarta ditutup” harapnya.

“Artinya kalau PPKM sampai tanggal 20 Juli 2021 lalu diperpanjang, bisa jadi mereka tidak bisa berlatih sampai 3 pekan kedepan. Oleh karena itu, kami berharap KONI bisa membantu atlet kami yang ada di luar Papua,” tutupnya.

reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.