Target Vaksinasi Atlet PON Papua Bulan Juni

Atlet PON Papua saat divaksinasi. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)
Atlet PON Papua saat divaksinasi. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Para atlet Papua yang akan bertarung pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 menjalani tahapan pertama vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi dilakukan dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan Tim Medis KONI Papua di Ballroom Wisma Atlet Mandala, pada Sabtu 19 Juni 2021.

Sebelum melakukan vaksinasi bagi atlet, pelatih dan ofisial Papua ini terlebih dahulu diberikan sosialisasi agar memahami manfaat dan dampak vaksin bahwa untuk menjaga kekebalan tubuh.

Apalagi vaksinasi atlet, pelatih dan ofisial merupakan amanah dari pemerintah pusat.

Dokter tim medis KONI Papua Billy Haumasse mengatakan, vaksinasi atlet, pelatih dan ofisial Papua tahap pertama ini sudah terdata ada sebanyak 500 orang.

“Kita mulai vaksinasi tahap pertama buat atlet, pelatih dan ofisial KONI Papua melalui tahapan pendaftaran screening dan persiapan fisik serta tubuh setelah layak terpenuhi baru mereka divaksin dan tentunya tim medis mengawal dengan prokes ketat,” ujar Billy.

Billy memastikan di bulan Juni ini seluruh atlet, pelatih dan ofisial Papua sudah rampung tervaksinasi Covid-19. Sehingga dalam waktu dekat, akan disiapkan 32 tenaga medis untuk vaksinasi diluar Papua.

“Sementara baru 225-250 orang, masih ada yang belum datang dan belum ada yang memenuhi syarat untuk vaksin, karena penyakit bawaan dan lainnya. Mungkin sekitar 10-15 orang, terlebih khusus yang memiliki penyakit infeksi paru-paru dan obat jantung jadi butuh dokter spesialis dan akan diawasi,” tuturnya.

“Rencana minggu depan akan ada tim medis yang berangkat untuk melakukan vaksinasi di luar daerah. Target bulan Juni tahap pertama selesai, nanti ada 32 tenaga dan 6 tim akan berangkat ke luar Papua dan tim itu terdiri dari 2 sampai 3 orang tenaga medis,” pungkasnya.

reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.