Tebu Rawa, Penghambat Transportasi di Sungai Weldemen Mappi Mulai Dibersihkan

Foto bersama usai doa mengawali pembersihan tebu rawa di Sungai Weldemen, Mappi. (Foto: Ist)
Foto bersama usai doa mengawali pembersihan tebu rawa di Sungai Weldemen, Mappi. (Foto: Ist)

MAPPI | Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar bersama tokoh adat, tokoh agama, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Wakil Ketua II DPRD, TNI dan Polri serta masyarakat menggelar doa bersama mengawali pembersihan tebu rawa untuk normalisasi sungai Weldemen.

Doa bersama dipimpin Pastor Rocky Wowor, MSC dilokasi pembersihan, Jumat (2/12/2022).  Pembersihan tebu rawa menggunakan satu buah excavator.

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar berharap pembersihan tebu rawa bisa selesai menjelang hari raya Natal.

Sebab, saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke distrik-distrik beberapa pekan lalu, masyarakat sangat berharap agar tebu rawa dibersihkan.

Terutama bagi masyarakat di 5 distrik, yakni Distrik Pasue, Distrik Pasue Bawah, Distrik Citak Mitak, Distrik Kaibar dan Distrik Tizain.

Dengan pembersihan tebu rawa ini, maka akan memperlancar akses transportasi sungai. Sehingga dalam  menyonsong perayaan Natal dan Tahun Baru aktivitas transportasi di sungai Weldeman tidak ada hambatan.

Menurut Gomar, pembersihan tebu rawa di tahun ini pihaknya tidak menargetkan semuanya. Namun lebih di fokuskan pada pembukaan jalur transportasi sehingga speedboat, belang maupun ketinting bisa melintas tanpa ada hambatan.

“Target kita tahun 2022 ini untuk pembersihan tidak usah lebar -lebar dulu, akan tetapi kita buka jalur sehingga bisa dilewati speedboat, belang maupun ketinting dengan begitu aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar dan intinya tidak ada hambatan lagi,” kata Gomar sapaan karib Pj Bupati Mappi.

Pembersihan tebu rawa akan dilanjutkan tahun depan, sebab kata Gomar, sudah dianggarkan dalam APBD 2023.

“Selain pembersihan yang sudah dilaksanakan saat ini. Untuk tahun depan kita masih berlanjut, dan target kita di tahun depan untuk pelebaran. Dengan  begitu kapal besar sudah bisa masuk,” ucap Gomar.

Gomar menambahkan, pembersihan tebu rawa sangat penting untuk membuka seluruh akses pembangunan, karena dengan begitu proses penyaluran material dapat berjalan dengan lancar.

“Kita berharap sebelum perayaaan Natal akses transportasi di sungai Weldeman dapat berjalan lancar,” pungkas Gomar.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra
sumber : Pemkab Mappi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.