Telkom: Mulai Besok Jaringan di Merauke, Timika dan Kaimana Alami Penurunan Kualitas

Ilustrasi

TIMIKA | PT Telkom kembali mengeluarkan rilis dan memastikan pada 1 Maret 2023 akan dilaksanakan pemeliharaan rutin sistem komunikasi kabel laut (SKKL).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Seputarpapua.com PT. Telkom mengatakan demi mewujudkan layanan telekomunikasi yang selalu prima bagi masyarakat, PT Telkom selalu berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan yang dikelolanya.

Dikatakan, salah satu bentuk dari upaya tersebut adalah Telkom melakukan pemeliharaan rutin sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Ruas Sorong-Merauke, yang teridentifikasi mengalami shunt fault di titik yang berjarak 107 km dari Merauke dan berada di kedalaman 33 meter.

Dikatakan, apabila tidak segera dilakukan penanganan optimalisasi, kondisi ini berpotensi mengakibatkan jaringan terputus.

“Kami melakukan identifikasi detail dan presisi antara lain penyiapan peralatan yang dibutuhkan dan pemetaan kondisi medan di lapangan oleh tim teknis. Saat ini seluruh kebutuhan teknis telah selesai dipersiapkan, baik dari sisi tim, sarana, prasarana, dan lain-lain. Maka dari itu, Telkom telah menetapkan untuk memulai pemeliharaan optimalisasi SKKL pada tanggal 1 Maret 2023,” kata GM Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsana.

Pemeliharaan jaringan ini katanya, berdampak bagi masyarakat di area Merauke, Timika, dan Kaimana.

Pada saat ini Telkom telah mempersiapkan link backup Palapa Ring Timur dan backup Satelit yang kapasitas bandwidth-nya terbatas, sehingga saat pelaksanaan optimalisasi SKKL Sorong-Merauke akan terjadi penurunan kualitas layanan telekomunikasi di area Merauke, Timika, dan Kaimana.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, Telkom terus berupaya maksimal dan mohon doa serta dukungannya semoga proses pemeliharaan ini dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan