Tempat Hiburan di Timika Kehilangan Omset Capai Rp700 Juta Selama Pandemi Covid-19

Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)
Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Tempat hiburan di Kota Timika, ibu kota Kabupaten Mimika Provinsi Papua mengaku kehilangan omset capai Rp700 juta dalam enam bulan terakhir atau selama masa Pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Juru bicara Tim Gugus Covid-19 Mimika Reynold Ubra di Timika, Rabu (5/8).

Pokja Penanganan Covid-19 telah melakukan asesmen di sejumlah tempat hiburan di Kota Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Reynold mengatakan, selama melakukan asesmen ada sejumlah pemilik usaha yang mengeluh kehilangan pendapatan mulai dari Rp400 hingga Rp700 juta.

“Kemarin kami (Pokja Penanganan Covid-19) jalan, ada yang mengeluh enam bulan ini omset kami hilang 400 juta. Ada juga yang mengeluh 6 bulan terakhir omset 700 juta itu hilang,” ungkapnya.

Selain kehilangan omset, pemilik usaha itu juga merumahkan semua karyawannya hingga kini.

IKLAN-TENGAH-berita

“Ekonomi menengah saja, taruhlah rumah bernyanyi, dia kehilangan sekitar 400 – 500 juta dalam enam bulan terakhir,” katanya.

Selain itu, Pokja ini juga melakukan asesmen ke perbankan di Timika dimana salah satu bank mengakui bahwa jumlah nasabah yang menginvestasi uangnya di bank mengalami penurunan capai 20 persen.

“Angka 20 persen itu mungkin terdengar kecil, tapi kalau 20 persen dari 1,4 triliun itu berapa? Iya kan,” tuturnya.

Untuk itu, pemerintah berencana akan membuka kembali sejumlah tempat hiburan yang dinilai layak dan sudah siap dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar