Terima Informasi Tidak Jelas, Warga Mapurujaya Palang Dua Titik Jalan

PALANG JALAN | Warga Mware kembali melakukan aksi pemalangan akses jalan poros Timika-Mapurujaya. (Foto: Ist)
PALANG JALAN | Warga Mware kembali melakukan aksi pemalangan akses jalan poros Timika-Mapurujaya. (Foto: Ist)

Kepala Distrik (Kadistrik) Mimika Timur, Y. Pinimet secara langsung menemui warga, memastikan dan menjelaskan bahwa informasi yang diperoleh warga terkait pasien Covid-19 dibawa ke puskesmas tidak benar. Selain menjelaskan terkait hal itu, Kadistrik juga menyampaikan pesan dari Kapolsek Mimika Timur, Iptu Wiltson R. Latuasan.

Setelah berkoordinasi melalui sambungan telepon, Kapolsek menitip pesan pada Kadistrik untuk meminta warga segera membuka palang, sebab telah menimbulkan kemacetan cukup panjang. Apalagi, jalan yang dipalang merupakan fasilitas umum dan akses penting transportasi dari Timika menuju Poumako dan sebaliknya.

“Bila masalah Covid-19 jangan diluapkan melalui pemalangan, namun kita harus duduk bicara dengan pihak terkait. Kami mohon masyarakat segera membuka palang jalan,” kata Kepala Distrik Pinimet.

Akhirnya, sekitar pukul 12.00 WIT warga Mware yang melakukan pemalangan meninggalkan lokasi pemalangan, kemudian palang dibuka oleh petugas yang ada di lokasi kejadian.

Sementara itu pemalangan jalan menuju Puskesmas Mapurujaya yang dilakukan Mama-mama terus berlangsung. Namun, aksi itu tidak menghalangi aktivitas lalu lintas masyarakat yang hendak melewati jalan tersebut. Saat ada warga yang melintas, palang dibuka setengah dan warga diizinkan lewat.

Kapolsek Mimika Timur, Iptu yang dikonfirmasi Seputarpapua.com mengatakan, meski aksi pemalangan dilakukan oleh warga, namun hal itu tidak menganggu situasi keamanan di Distrik Mimika Timur. Aksi yang dilakukan hanya bentuk penolakan warga atas rencana pemerintah terkait Puskesmas Mapurujaya.

“Sementara situasi Mapurujaya masih tetap aman terkendali. Nanti, sesuai petunjuk Bapak Kapolres kepada kami bahwa, jam 9 lebih (malam) kita hentikan aktivitas, baik naik (Timika) maupun turun ke arah Poumako maupun Mapurujaya,” kata Kapolsek.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo
2 of 2Next

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar