Terima Kritikan, Pansel Pengurus YPMAK Tegaskan Kerja Profesional

Jubir Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK Perwakilan Pemerintah Daerah Mimika Anace Hombore
Jubir Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK Perwakilan Pemerintah Daerah Mimika Anace Hombore

TIMIKA, Seputarpapua.com | Panitia seleksi (Pansel) pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029 berkomitmen melaksanakan tugas secara profesional.

Hal ini ditegaskan Juru bicara Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK perwakilan dari Pemda Mimika, Anace Hombore menjawab beberapa kritikan dan masukan dari masyarakat.

Anace mengatakan, opini yang berkembang di masyarakat itu sah-sah dan wajar saja. Namun, bagi Pansel tidak ada yang disembunyikan dan perekrutan atau seleksi pengurus YPMAK diumumkan secara resmi melalui media-media dan website resmi ypmak.go.id.

“Silahkan masyarakat boleh menilai seperti itu dan cara pemahaman masyarakat kan beda-beda. Sehingga kamipun harus menerima dan bisa menjelaskan kepada mereka bahwa kami ini melakukan ini sudah transparan,” kata Anace saat ditemui disela-sela tes potensi yang digelar di MPCC, Selasa (9/7/2024).

Pansel tidak memihak kepada siapapun bahkan tidak ada yang kenal. Kalaupun ada, merupakan pengurus YPMAK lama. Karena itu tidak dibatasi, siapapun orang Amungme dan Kamoro boleh mengikuti, karena itu sesuai AD/ART YPMAK.

“Dalam pelaksanaan seleksi ini Pansel menyiapkan 12 orang untuk posisi ketua atau direktur, wakil ketua 1 dan 2, serta sekretaris,” ujarnya.

Sementara menyangkut adanya ASN, parpol, dan karyawan PT Freeport Indonesia Anace menjelaskan, ini merupakan suatu hal yang positif dan bentuk kritikan membangun. Namun demikian, disini perlu dijelaskan bahwa Pansel memiliki kriteria.

Selain itu, kalau orang-orang yang disebutkan tadi lolos pada 12 besar, maka harus menandatangani surat peryataan. Yang isinya harus memilih, apakah tetap bertahan sebagai ASN, karyawan PT Freeport Indonesia, atau di partai politik.

Hal ini dilakukan, karena seorang pengurus YPMAK tidak bisa menduduki dua jabatan

“Jadi harus memilih salah satu tidak boleh dua-duanya, dan itu akan ditegaskan dengan surat peryataan,” katanya.

Intinya Pansel tidak membatasi siapapun untuk ikut. Tetapi ada kriteria dan hal-hal yang harus dipatuhi. Itulah bentuk komitmen dan profesional dari Pansel.

“Kami tidak alergi dengan kritikan atau masukan. Karena kami bekerja sesuai aturan dan dilakukan setransparan mungkin,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan