Terkait Vaksin Mandiri, Airlangga: Ini Bukan Masalah Uang

Terkait Vaksin Mandiri, Airlangga: Ini Bukan Masalah Uang
Terkait Vaksin Mandiri, Airlangga: Ini Bukan Masalah Uang

TIMIKA | Beredarnya isu perihal vaksin mandiri atau vaksin berbayar dijawab pemerintah dengan tegas bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat adalah gratis.

Dalam sharing session Pimred Media Siber se-Indonesia, Jumat (8/1/2021), Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menegaskan bahwa masalah vaksinasi saat ini bukan pada pendanaannya.

“Jadi kalau kelompok masyarakat merasa punya uang atau kelompok usaha merasa uangnya banyak, tapi masalahnya ini bukan di uang,” tegasnya.

Disebutnya, Pemerintah menyatakan vaksin merupakan bagian dari public service saat pandemi.

“Karena Negara mengatakan vaksin ini barang yang nol rupiah. Dibiayai oleh Pemerintah,” ucapnya.

Dipaparkannya, pembiayaan yang dibutuhkan dalam vaksinasi yakni sebesar Rp.73,3 trilyun. Begitu pun dengan infrastruktur, ditegaskannya, Pemerintah sudah siap sehingga masalah vaksinasi saat ini bukanlah karena uang.

IKLAN-TENGAH-berita

Namun meski vaksin sudah ada di Indonesia, Airlangga tekankan warga untuk tidak kendor untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, vaksin yang paling ampuh saat ini adalah memakai masker, terutama saat di luar rumah.

“Sebelum pulang rumah, tertunya harus mencuci tangan dan bila perlu pakaian ganti. Kalau perlu sebelum ketemu anggota keluarga, mandi dulu misalnya,” tandasnya.

 

Reporter: Yonri Revolt
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar