Terlihat Kumuh, Pemkot Tegur Pemilik Gedung Eks Bioskop di Jayapura

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, ketika mengecek bangunan eks bioskop yang nampak kumuh di tengah Kota Jayapura. (Foto: Ist)
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, ketika mengecek bangunan eks bioskop yang nampak kumuh di tengah Kota Jayapura. (Foto: Ist)

JAYAPURA | Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura memberi teguran kepada pemilik gedung eks bioskop yang terletak di pusat kota Jayapura yang kini terlihat kumuh.

“Awal gedung ini sebagai bioskop, namun  setelah itu pemilik mengalihfungsikan sebagai hotel maka didesain kamar seperti hotel, IMB sudah keluar tetapi pelaksanaan belum selesai sehingga kami melakukan kunjungan dan berikan teguran kepada pemiliknya,” kata wakil wali kota Jayapura, Rustan Saru, Senin (24/01/2022).

Pihaknya meminta kepada pemilik gedung tersebut untuk segera memberikan solusi dalam penyelesain fisik bangunan sesuai dengan IMB yang sudah ada. Sebab, sudah 21 tahun belum ada langkah-langkah dalam menuntaskan pembangunan.

“Nah, kita minta ketegasan kepada pemiliknya untuk menyelesaikan pembangunan. Kita beri waktu kepada pemilik gedung hingga pertengahan bulan Maret 2022 untuk diberikan solusi, karena gedung ini ada di tengah kota dan kelihatan tidak terurus, ini jadi pemandangan yang tidak elok sebab sudah bertahun-tahun tidak ada aktivitas,” ujarnya.

Rustan juga meminta agar Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Bapenda, PUPR dan Satpol PP serta Kelurahan guna mengecek IMB daripada bangunan tersebut dengan fakta lapangan.

“Apakah sesuai dengan ukuran (luas) dan bentuk sekaligus mengecek bangunan yang ada di samping untuk memastikan struktur kekuatan konstruksi bangunan apakah masih layak diteruskan atau tidak,” katanya.

Dengan demikian, dirinya berharap agar pemilik gedung bisa memberikan solusi kepada Pemkot Jayapura agar bisa bersama-sama membuat keputusan perihal kelanjutan pembangunan.

“Karena kalau dilankutkan membangun saya kira 3-4 tahun sudah selesai karena ini ada empat lantai,” pungkasnya.

reporter : Adi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.