Terminal Bus Freeport di Gorong-gorong Dipalang Warga Waa-Banti, Minta Dipulangkan

AKSI | Para pengungsi dari Tembagapura melakukan aksi di area terminal milik Freeport, Gorong-Gorong. (Foto: Saldi/SP}
AKSI | Para pengungsi dari Tembagapura melakukan aksi di area terminal milik Freeport, Gorong-Gorong. (Foto: Saldi/SP}

TIMIKA | Ratusan warga Waa-Banti, Distrik Tembagapura memalang pintu masuk terminal bus Freeport di di Gorong-gorong, Kota Timika, Papua,
Kamis (14/1/2021).

Aksi itu berlangsung kurang lebih 2 jam. Massa dipimpin Martina Natkime.

Dalam aksi, warga menyampaikan pernyataan sikap terkait keberadaan mereka di Timika hampir setahun akibat konflik bersenjata antara aparat kemananan dan KKB di wilayah mereka sejak 2 Maret 2020 hingga sekarang.

Namun, belum ada kepastian jelas mengenai nasib masyarakat pengungsi. Menurut mereka, tidak ada tanggungjawab pemerintah, TNI-Polri maupun pihak PT Freeport Indonesia.

Memasuki setahun, sudah banyak masyarakat pengungsi yang meninggal dunia akibat sakit, yangmana menurut mereka itu disebabkan tidak-adanya perhatian dari pemerintah.

Tercatat sudah ada sekitar 25 orang meninggal dunia di bulan Juli, Agustus hingga Desember 2020. Mulai dari anak-anak, pemuda, hingga orang tua lanjut usia.

IKLAN-TENGAH-berita

Oleh karena itu mereka menyampaikan kepada Pemerintah, TNI-Polri dan PT Freeport Indonesia stop mempermainakan dan memutar balik dengan segala macam alasan yang bertujuan untuk menghambat mereka kembali ke kampung.

Selanjutnya mereka menyatakan bahwa ini merupakan pernyataan sikap yang terakhir. Jika mereka masih dipermainkan maka masyarakat pengungsi akan tetap kembali ke kampung mereka dengan sendiri, yakni dengan cara berjalan kaki dari Timika menuju Tembagapura.

“Saya tidak tujuan lain, saya tidak tuntut ini, tidak tuntut itu. Saya tidak bongkar fasilitas yang ada di perusahaan, tidak ada. Saya jujur diatas tanah saya, negeri saya, saya mau pulang kampung, itu yang saya datang,” kata Mama Martina Natkime dalam orasinya di lokasi aksi.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar