Ternyata Mimika Miliki Banyak Komoditi Menarik untuk Diekspor ke Luar Negeri

Kepala Stasiun Karantian Pertanian Kelas I Mimika, Tasrif
Kepala Stasiun Karantian Pertanian Kelas I Mimika, Tasrif

TIMIKA | Kepala Stasiun Karantian Pertanian Kelas I Mimika, Tasrif mengatakan, Kabupaten Mimika memiliki banyak komoditi menarik yang bias diekspor ke luar negeri.

Berbagai komoditi menarik menurut Tasrif, yakni kopi, kelapa, pinang, dan sagu. Sementara di bidang kehutanan, terdapat kayu gaharu dan jenetri.

“Komiditi-komiditi ini kalau dipasarkan ke luar negeri akan menjadi barang-barang yang menarik,” ujarnya kepada media di Timika, Rabu (30/9).

Dikatakan, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Mimika siap mendukung, apabila ada pengusaha dari Mimika yang ingin mengekspor berbagai hasil bumi Mimika tersebut ke luar negeri.

“Kami akan sangat dukung apabila ada pengusaha Mimika yang melakukan ekspor. Kami sebagai fasilitator akan membantu dalam persiapan persyaratan dokumen ekspor ke negara tujuan,” Tasrif.

Pihaknya akan membantu dalam persiapan persyaratan dokumen ekspor ke negara tujuan, yakni dengan memberikan dua sertifikat.

IKLAN-TENGAH-berita

“Sertifikat yang diberikan adalah sertifikat fitosanitari certificate (FC) untuk jenis perkebunan dan pertanian. Serta health certificate (HC) untuk jenis ekspor hewani, seperti daging dan produk lainnya,” terangnya.

Namun demikian, untuk pelaksanaan ekspor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena, untuk barang-barang yang dieskpor tentunya harus memenuhi atau sesuai standar.

“Dengan memenuhi standar barang yang dieskpor, maka nantinya tidak akan terjadi reekspor (pengembalian barang) dari negara yang dituju. Kalau sampai terjadi pengembalian, maka otomatis pengusaha tersebut akan merugi,” terangnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar