Tiba di Nabire, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk Sujud Syukur

Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk sujud syukur saat tiba di Bandara Douw Aturure Nabire, Jumat (18/11/2022). (Foto: Ist)
Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk sujud syukur saat tiba di Bandara Douw Aturure Nabire, Jumat (18/11/2022). (Foto: Ist)

NABIRE | Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk tiba di Kabupaten Nabire yang merupakan Ibu Kota Provinsi Papua Tengah, Jumat (18/11/2022).

Saat turun dari pesawat di Bandara Douw Aturure Nabire, Ribka yang menggunakan seragam putih kemudian melakukan sujud syukur.

Ribka selanjutnya disambut sejumlah pejabat, salah satunya Bupati Nabire Mesak Magai.

Sebelumnya pada Rabu (16/11/2022), Bupati Nabire Mesak Magai mengatakan, persiapan penjemputan orang nomor satu di Provinsi Papua Tengah telah disiapkan.

Bupati Mesak mengingatkan seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses penjemputan Pj Gubernur.

Ia juga berharap masyarakat mendukung pembangunan setelah hadirnya Provinsi Papua Tengah.

“Nabire sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah, maka kita memberikan yang terbaik dan melayani dengan hati agar pembangunan kedepan bisa berjalan lancar,” pungkas Bupati Mesak.

Tokoh masyarakat Kabupaten Nabire Robby Mote mengatakan, seluruh masyarakat wilayah Meepago khusus masyarakat Nabire siap menjemput kedatangan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

“Kami sudah mulai melakukan segala persiapan untuk penjemputan nanti,” kata Robby kepada seputarpapua.com di Nabire, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, segala persiapan mulai dari tarian adat khas budaya Papua sudah siap untuk menjemput perempuan Papua pertama yang menjadi Pj Gubernur Papua Tengah.

Selain itu, sejumlah baliho ucapan selamat datang untuk Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk juga telah dipasang dibeberapa sudat Kota Nabire.

“Masyarakat sudah mulai persiapan pakaian adat masing-masing. Nanti masyarakat jemput ibu dengan tarian adat masing-masing,” ujar Robby.

Robby memberikan apresiasi kepada Mendagri Tito Karnavian yang sudah melantik Ribka Haluk sebagai Pj Bupati Papua Tengah.

Baginya, ini merupakan sebuah sejarah pertama di Tanah Papua, ada seorang perempuan asal pegunungan Papua yang menduduki jabatan Pj Gubernur.

“Banyak masyarakat Papua yang merasa bangga dengan kehadiran ibu sebagai Pj Gubernur. Karena Ribka Haluk adalah perempuan Papua dari pegunungan yang telah menduduki jabatan Gubernur Papua Tengah,” tutur Robby.

“Seharusnya kita bangga bahwa perempuan Papua juga bisa. Orang Papua juga bisa. Ini satu kebanggaan untuk kita semua. Selamat datang Ibu Ribka Haluk,” tambah Robby.

Robby berharap, dengan hadirnya Provinsi Papua Tengah dapat memberikan dampak positif disemua aspek pembangunan.

“Kami berharap agar kehadiran Papua Tengah bisa memberikan wajah baru disegala segi pembangunan. Kami butuh bukti nyata dan kami butuh pembangunan,” pungkas Robby.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Christian Degei
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.