Tiga Distrik di Wilayah Pesisir Mimika Tidak Bisa Nikmati Internet

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Tiga distrik di pesisir Kabupaten Mimika, Papua yakni Agimuga, Jita, dan Mimika Barat Jauh, tidak bisa menikmati layanan internet.

Tidak adanya layanan internet atau jaringan di wilayah tersebut karena tidak tersedianya dana untuk membayar VSAT yang telah dipasang.

“Kendala kita kenapa jaringan mati karena VSAT itu kan harus sewa, nah kalau tidak bisa bayar sewa maka putus,” kata Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat diwawancarai awak media, Senin (1/3/2021).

Dirinya mengakui jaringan VSAT mati karena tidak adanya lagi alokasi dana sehingga pembayaran sewa pun menunggak selama satu tahun.

“Memang sudah satu tahun nunggak, untuk anggaran di 2020 dan 2021 memang tidak ada,” katanya.

Namun, John menjelaskan Pemda Mimika akan coba mengalokasikan dana untuk pembayaran VSAT tersebut di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) 2021.

Selain itu, Pemkab juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk dapat membantu menyelesaikan masalah jaringan di wilayah distrik tersebut.

Dikatakan, Pemda Mimika menyiapkan BTS dan VSAT di daerah pesisir tersebut guna mempermudah pelayanan pencatatan sipil serta pelayanan masyarakat lainnya.

“VSAT itu dipasang untuk sementara saja, sampai BTS terpasang, BTS juga lebih baik dibandingkan menggunakan VSAT, biaya pemasangan VSAT dengan BTS hampir sama, lebih baik kan pakai BTS lalu telkomsel tinggal masuk,” tuturnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga