Tiga Orang Tewas di Intan Jaya, TNI: Mereka Coba Rampas Senjata Aparat

Pastor Paroki Bilogai, Pastor Yustinus Rahangiar, Pr, Kepala Dinas BPMK Intan Jaya serta sejumlah ASN saat evakuasi korban dari TKP di Amaesiga ke Puskesmas Bilogai. (supplied for Suara Papua)
Pastor Paroki Bilogai, Pastor Yustinus Rahangiar, Pr, Kepala Dinas BPMK Intan Jaya serta sejumlah ASN saat evakuasi korban dari TKP di Amaesiga ke Puskesmas Bilogai. (Foto: supplied for Suara Papua)

TIMIKA | Tiga orang dituduh sebagai anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) ditembak mati aparat gabungan TNI/Polri di Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Senin 15 Februari 2021.

“Anggota KKSB dilumpuhkan aparat gabungan TNI-Polri karena berusaha merampas senjata aparat gabungan di Puskesmas Sugapa,” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa, Selasa (16/2/2021).

Kolonel Suriastawa menerangkan, kejadian itu bermula saat tim TNI melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda, anggota Satgas Yonif R 400/BR dan memeriksa seorang pria.

“Saat pemeriksaan, orang tersebut yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau, tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang,” katanya.

Anggota TNI terpaksa menembak Janius Bagau setelah tak menghiraukan seruan dan tembakan peringatan. Janius akhirnya lolos dengan luka-luka saat melompat ke jurang. Ia juga tertembak di lengan kiri.

Masih menurut TNI, beberapa saat kemudian, diperoleh informasi bahwa ada seorang warga mengalami luka tembak dan dibawa ke Puskesmas oleh pihak Gereja Katolik Bilogai serta beberapa warga lainnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Setelah dilakukan pengecekan dan pencocokan KTP, rupanya warga tersebut adalah Janius Bagau. Suriastawa menyebut Janius adalah anggota KKSB yang kerap menebar teror di Intan Jaya.

“Dia juga menjadi salah satu penandatangan surat pernyataan perang kepada TNI-Polri beberapa waktu yang lalu,” katanya

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar