seputarpapua.com

Tim Bapemperda DPRD Mimika Koordinasi ke Pemprov Papua dan DPRP

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan
Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan

TIMIKA | Tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mimika saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Jayapura.

Koordinasi ini dilakukan terkait dengan kinerja dan rencana pembentukan, serta pembahasan peraturan daerah (Perda).

Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan mengatakan, memang benar beberapa anggota DPRD Mimika yang masuk dalam Tim Bapemperda tengah melakukan kegiatan luar dinas, untuk melakukan koordinasi dengan Pemprov Papua dan kemungkinan ke DPRP Papua.

“Koordinasi oleh Tim Bapemperda DPRD Mimika ini terkait beberapa hal, seperti kegiatan dewan yang selama ini mungkin belum maksimal, apakah itu menyangkut kunjungan kerja, reses, dan lainnya. Karena itu, diperlukan informasi lagi,” kata Jontie sapaan akrabnya di Kantor DPRD Mimika, Selasa (3/5/2021).

Selain itu, koordinasi ini juga menyangkut kedepannya akan ada Perda inisiatif dari DPRD. Juga, diperlukan data-data dan informasi untuk melengkapi.

“Saya sendiri belum tahu, Perda inisiatif apa saja yang akan didorong. Nanti saya tunggu laporan dari Ketua Bapemperda untuk tindaklanjutnya,” kata Jontie.

Ia menambahkan, terkait kapan pelaksanaan pembahasan Raperda untuk ditetapkan menjadi sebuah Perda, tergantung kesiapan dari pemerintah daerah.

Selain itu, dalam pembahasan dan penetapan sebuah Perda membutuhkan waktu. Sebab DPRD tidak bisa langsung mengetok palu penetapan begitu saja.

“Kalau pemerintah daerah ajukan Perda untuk dibahas dan ditetapkan, maka kami siap melakukannya. Menyangkut kapan waktunya, semua juga tergantung dari pemerintah daerah,” tuturnya.

“Sampai sekarang Pemda Mimika belum ajukan Raperda untuk dibahas dan ditetapkan. Mungkin karena ada kesibukan, maka belum ada perda yang diajukan,” pungkas Jontie

 

Reporter: Mujiono
Berita Terkait
Baca Juga