Tim Kemanusian PMI dan ICRC akan ke Intan Jaya, Termasuk PMI Mimika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
TIM PMI | Tim PMI Mimika saat akan membagikan masker beberapa waktu lalu.
TIM PMI | Tim PMI Mimika saat akan membagikan masker beberapa waktu lalu.

TIMIKA | Tim Kemanusian Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau International Comittee of the Red Cross (ICRC) akan ke Intan Jaya, Papua.

Menurut rencana, rombongan akan tiba pada 14 Maret 2021 di Timika, untuk mempersiapkan keberangkatan ke Intan Jaya untuk misi kemanusiaan.

PMI Kabupaten Mimika, Papua pun diberikan kepercayaan untuk bergabung bersama PMI pusat dan ICRC untuk membantu memperhatikan kesehatan masyarakat di Intan Jaya.

PMI Mimika mempersiapkan lima orang yang terdiri dari satu dokter, dua perawat, satu ahli psikososial, dan satu pengurus.

Ketua Harian PMI Mimika, Jaconis Manusiwa kepada seputarpapua.com, Sabtu (6/3/2021) mengatakan, pihaknya sudah menerima jadwal pasti kegiatan kemanusiaan di Intan Jaya.

Tanggal 14 Maret tim PMI pusat bersama dengan ICRC akan tiba di Timika, lalu tanggal 16 Maret mempersiapkan kebutuhan.

Tanggal 17 Maret seluruh tim termasuk dari Mimika berangkat ke Intan Jaya, tanggal 18 Maret melaksanakan pengobatan, tanggal 19 tim kembali ke Mimika.

“Nanti ada bantuan berupa pakaian juga akan dibawah serta bantuan lainnya oleh PMI pusat dan ICRC bersama dengan Tim PMI Timika, sembari tim akan melakukan assessment untuk bantuan berikutnya, kami juga mengecek apa kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Jaconis, saat dihubungi melalui telepon sululer.

“Inikan kegiatan dalam rangka musibah yang dialami oleh saudara – saudara kita di Intan Jaya. Sehingga lewat media yang beredar, PMI pusat dan sebagainya melihat itu, sehingga mereka melakukan kegiatan kesana dan menggandeng palang merah internasional ICRC untuk membuat kegiatan untuk saudara kita dan juga ada bantuan yang akan disalurkan kesana,” tambah Jaconis.

Selain itu, Jaconis menerangkan PMI Mimika ikut bergabung, karena Mimika merupakan daerah transit tim PMI pusat dan ICRC untuk ke Intan Jaya.

“PMI Timika sebagai lembaga kemanusiaan selalu peduli dengan segala bentuk bencana baik itu bencana alam, sosial itu tetap menjadi kepedulian kami semua sebagai organisasi kemanusiaan untuk membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan ukuran tangan kita,” tutur Jaconis.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Aditra
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti