Tim SAR Asmat Evakuasi Puluhan Orang yang Terjebak di Pulau Tak Berpenghuni

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
EVAKUASI | Tim SAR mengevakuasi puluhan orang setelah sempat terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni. (Foto: Ist/Humas Kantor SAR Timika)
EVAKUASI | Tim SAR mengevakuasi puluhan orang setelah sempat terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni. (Foto: Ist/Humas Kantor SAR Timika)

TIMIKA | Puluhan orang yang menumpangi perahu motor terjebak di sebuah pulau tak berpenghuni di wilayah Kabupaten Asmat, Papua, pada Sabtu 3 April 2021.

Seorang di antara mereka khawatir air pasang disertai hujan dan angin kencang, lalu berupaya menghubungi keluarganya yang berada di Kota Agats untuk meminta bantuan evakuasi oleh Tim SAR.

Berdasarkan keterangan dari Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika yang diterima Seputarpapua.com, Minggu (4/4/2021) dini hari, menerangkan bahwa informasi tersebut diperoleh Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat pada Sabtu sore.

Informasi pertama kali disampaikan seorang anggota Polres Asmat bernama Bayu. Ia melaporkan bahwa ada sekitar 30an orang terjebak di pulau baru tak berpenghuni, dan meminta bantuan untuk dievakuasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George Leo Mercy Randang, kemudian menerima tindak lanjut laporan itu dari koordinator Pos SAR, Agat Riono.

Operasi SAR lalu dibuka dan diperintahkan personel rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat dengan menggunakan alat utama RIB 85 PK dan perahu karet 25 PK menuju lokasi kejadian, dan melakukan evakuasi terhadap para korban.

Lokasi yang disebut pulau baru tak berpenghuni itu berhasil ditemukan Tim SAR, yakni berada di perairan Agats dengan titik koordinat 05°32’2.65″S/138°0’5.48 E.

Dalam proses evakuasi, Tim SAR juga dibantu oleh pihak keluarga korban dengan menggunakan perahu ‘belang’. Akhirnya evakuasi dilakukan dua kali, lantaran cuaca di lapangan cukup buruk.

Berita Terkait
Baca Juga