Tim SAR Gabungan Evakuasi Kru Pesawat Rimbun Air Melalui Jalur Darat

BERANGKAT | Tim SAR diberangkatkan dari Timika menuju Sugapa, Intan Jaya untuk melakukan proses evakuasi terhadap kru pesawat Rimbun Air PK-OTW. (Foto: Ist/Seputarpapua)
BERANGKAT | Tim SAR diberangkatkan dari Timika menuju Sugapa, Intan Jaya untuk melakukan proses evakuasi terhadap kru pesawat Rimbun Air PK-OTW. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Hingga sore ini, Rabu (15/9/2021), upaya evakuasi terhadap kru pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di area bukit Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua masih terus berlangsung.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang kepada awak media di Timika mengatakan, berdasarkan informasi dari Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Operasional bahwa tim SAR gabungan dari Timika bergabung dengan unsur TNI-Polri di Sugapa melakukan proses evakuasi terhadap tiga kru pesawat Rimbun Air yang jatuh Rabu pagi tadi.

“Saat ini masih berlangsung (evakuasi). Unsur SAR gabungan sesuai informasi dari Kasubsi Operasi, bergabung dengan unsur TNI-Polri melakukan tracking atau perjalanan lewat darat,” kata George.

Ia juga mengatakan, upaya evakuasi yang sedang berlangsung diharapkan berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya gangguan maupun aral yang melintang.

“Saat ini tim masih melakukan proses evakuasi terhadap ketiga kru, mudah-mudahan semua bisa berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya menyampaikan bahwa dari lokasi bandara dengan titik jatuh pesawat diperkirakan berjarak sekitar 800 meter.

Untuk menempuh lokasi itu, kata dia, dapat ditempuh menggunakan sepeda motor yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Sedangkan untuk kondisi secara riil baik itu pesawat maupun kru pesawat, hingga kini belum diketahui secara pasti. Pihaknya masih menunggu tim gabungan tiba di lokasi pesawat.

Sekitar pukul 11.00 WIT tadi di bukit Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, ditemukan pesawat Rimbun Air PK-OTW yang sebelumnya hilang kontak.

Anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa menemukan pesawat Rimbun Air PK-OTW pada ketinggian sekitar 2.400 meter dengan koordinat 7219979585751.

Tim gabungan TNI-Polri bersama pemuda gereja langsung menuju ke lokasi kejadian sekitar pukul 12.30 WIT guna melakukan evakuasi.

Pesawat Rimbun Air PK OTW sebelumnya hilang kontak pada Rabu pagi sekitar pukul 07.37 WIT.

Pesawat tersebut dilaporkan memuat barang berupa material bangunan dari Kabupaten Nabire menuju Intan Jaya dengan Pilot H. Mirza, Co-Pilot Fajar dan Enginering Iswahyudi.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.