Timika Lanjutkan Penerapan New Normal Tahap III

NEW NORMAL | Bupati Mimika Eltinus Omaleng menandatangani kesepakatan bersama penerapan masa new normal tahap tiga. (Foto: Anya Fatma/SP)
NEW NORMAL | Bupati Mimika Eltinus Omaleng menandatangani kesepakatan bersama penerapan masa new normal tahap tiga. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melakukan pertemuan bersama Forkopimda di Hotel Grand Mozza, Senin (3/8).

Pertemuan itu, kemudian menghasilkan kesepakatan bersama untuk memperpanjang masa new normal dalam status tanggap darurat Covid-19.

Bupati Mimika melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Mimika Moses Yarangga dan Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Covid-19 di Mimika menyampaikan penerapan masa new normal tahap ke tiga ini usai pertemuan berlangsung.

Perpanjangan masa ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi masa new normal tahap kedua mulai 17 hingga 31 Juli lalu.

“Berdasar hasil evaluasi, maka di hari ini Bupati memperpanjang masa new normal,” kata Reynold.

Ketentuan yang berlaku dimasa new normal ini masih sama dengan penerapan masa new normal sebelumnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Namun, ada penambahan poin penting di masa new normal tahap ketiga ini yakni memperketat di pintu-pintu masuk baik di Bandara Udara maupun Pelabuhan Laut.

“Yang terpenting itu yang pakai pesawat dari Makassar, Jayapura, Jakarta dan Denpasar,” sebutnya.

Selain itu juga, pintu masuk dari dan ke wilayah kerja PT Freeport Indonesia di Tembagapura juga diperketat dengan tetap mewajibkan setiap pelaku perjalanan untuk melakukan swab test.

Lebih luas, Reynold mengungkapkan alasan diperpanjang masa new normal adalah karena angka reproduksi efektif tertinggi ialah di wilayah Tembagapura yakni 0,9 sedangkan di Timika masih 0,3.

“Dalam kesepakatan bersama, PSDD di Tembagapura tetap, setiap pelaku yang dari dan ke Tembagapura harus PCR,” tuturnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar