Timika Punya Enam Perguruan Tinggi Resmi Terdaftar di Mendikbudristek

Kepala LLDikti Wilayah XIV, Suriel Mofu. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala LLDikti Wilayah XIV, Suriel Mofu. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala LLDikti Wilayah XIV, Dr. Suriel S Mofu menyebutkan ada enam perguruan tinggi di Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang resmi terdaftar di Mendikbudristek.

Enam perguruan tinggi ini diantaranya, STIE Jambatan Bulan, STKIP Hermon, STIH Mimika, STKIP Terang Bangsa, Universitas Timika dan Politeknik Amamapare.

Suriel Mofu menjelaskan, kampus-kampus ini berizin dan memiliki SK Mendikbudristek untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di Timika.

Menurutnya, perguruan tinggi yang jelas adalah yang memiliki gedung kampus, rektor, dekan dan dosen yang berada di daerah kampus itu berada.

“Kampus yang jelas itu ada pimpinan, ada dosen dan ada mahasiswanya,” katanya dalam acara peresmian prodi akuntansi dan manajemen di STIE Jambatan Bulan Timika, Kamis (22/9/2022).

Lulusan Oxford University ini menuturkan, kampus-kampus yang ada di Timika punya kualitas yang baik tetapi tentu ada kekurangan.

“Persoalan kampus ini cuma satu, dong kekurangan solar. Jadi kapalnya bagus tapi bensin solar kurang untuk jalankan ini,” ungkap Mofu.

Solar dimaksudkan ialah dana, dan kata dia solar di kampus swasta hampir 90 persen diisi oleh masyarakat berpenghasilan dibawah Rp2 juta bahkan ada yang tidak berpenghasilan tetap.

“Saya ingin sampaikan pesan untuk Bapak Bupati, mari kita jaga enam perguruan swasta ini kita dukung perkembangannya,” pesannya.

Enam perguruan tinggi ini sudah harus diberikan bantuan karena legal dan juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Selain itu, kampus di Timika juga sudah punya jurusan jurusan yang ada di banyak kota, dan ada juga jurusan yang tidak ada di kota lain tetapi ada di Timika.

“Saya heran kabupaten yang punya nama besar di dunia, dia baru punya prodi akuntansi dan manajemen,” ungkapnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.