Tingkatkan Nilai, Pemkab Asmat Gelar Pelatihan Penyusunan SAKIP

Sekda Asmat Absalom Amiyaram saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan SAKIP, Selasa (15/1/2023). (Foto: Elgo)
Sekda Asmat Absalom Amiyaram saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan SAKIP, Selasa (15/1/2023). (Foto: Elgo)

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua Selatan, menggelar pelatihan penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2023.

Pelatihan digelar di Aula WorouCem Kesbangpol, Selasa (17/1/2023) diikuti pimpinan OPD dan Kasubag Program. Dengan narasumber Marja Sinurat dari Kementerian Dalam Negeri (IPDN).

Marja Sinurat mengatakan, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Sementara itu, Sekda Asmat Absalom Amiyaram dalam sambutannya menyampaikan, nilai SAKIP Kabupaten Asmat masih dipertahankan pada predikat B.

Untuk meningkatkan nilai SAKIP, maka perlu dilakukan peningkatan kualitas kinerja instansi.

Hal ini tertuang dalam Pepres No.29 Tahun 2014, dengan tujuan mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah yang baik.

Untuk itu, kepada pimpinan OPD, Kasubang Program agar terus berupaya saling bersinergi antara organisasi perangakat daerah yang mengkoordinir pelaksanaan SAKIP, sehingga dapat melaksanakan dan meningkatkan nilai SAKIP agar perlu mencapai RPJMD yang lebih baik.

“Salah satu dalam memajukan pengawalan reformasi dan birokrasi yang efektif, pemerintah daerah perlu untuk menetapkan perencanaan dan tatakelola reformasi dan birokrasi dalam sebuah dokumen perencanaan yang dapat di laksanakan oleh seluruh pihak dan stakeholder,” pungkas Sekda.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Elgo
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.