TNI-Polri di Mimika Implementasikan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Terkait Covid-19

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Foto: Ist)
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Foto: Ist)

TIMIKA | Walaupun Pemkab Mimika telah menerapkan new normal di Pandemi Covid-19 ini, namun TNI-Polri bersama pemerintah daerah akan terus melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, terkait dengan Pandemi Covid-19 ini, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Inpres tersebut memerintahkan kepada Kapolri dan Panglima TNI serta jajarannya, untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19.

“Inpres tersebut bermaksud untuk mengingatkan kembali atau istilahnya melawan lupa bahwa sekarang ini kita masih berada di Pandemi Covid-19,” kata Kapolres di Jalan Yos Sudarso, Kamis (13/8).

Salah satu poin dalam Inpres tersebut berisi tentang perintah kepada para pejabat di daerah, mulai gubernur sampai bupati untuk membuat peraturan daerah (Perda) berisikan sanksi hukum terkait pelanggaran terhadap protokol kesehatan, yakni memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Perda tersebut berisikan ancaman hukum, baik itu pencabutan ijin usaha, tidak memakai masker pun begitu. Diharapkan perda sudah ada dalam waktu 14 hari,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Berkaitan dengan itu, TNI-Polri dan Pemda akan terus mengingatkan atau terus mensosialisasikan ke masyarakat, termasuk bagi yang tidak menggunakan masker.

Terkait dengan penempatan anggota ditempat yang dianggap rawan penularan akan dilihat kembali.

“Kami akan terus mengingatkan masyarakat untuk terus memperhatikan protokol kesehatan. Tujuannya, apabila Perda ini diberlakukan, maka sudah terbiasa,” ungkapnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar