TNI-Polri Jamin Keamanan Pengungsi yang Kembali ke Bibida

Komandan Korem 173/PVB, Brigjen TNI Frits Wilem Richard Pelamonia saat dialog dengan pengungsi dari Distrik Bibida. (Foto: Firga/Seputarpapua)
Komandan Korem 173/PVB, Brigjen TNI Frits Wilem Richard Pelamonia saat dialog dengan pengungsi dari Distrik Bibida. (Foto: Firga/Seputarpapua)

PANIAI, Seputarpapua.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah menggelar pertemuan dan berdialog dengan ribuan pengungsi Distrik Bibida yang berada di Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Kamis (20/6/2024).

Dalam pertemuan itu, masyarakat meminta pemerintah agar memfasilitasi mereka pulang ke Bibida.

Mewakili warga yang mengungsi, Kepala Kampung Kugapa, Domianus Songgonau mengaku rindu untuk pulang, namun pemerintah bersama TNI-Polri harus menjamin keamanan warga.

“Kami tinggalkan kami punya gunung, kami tinggalkan kami punya kali, kami tinggalkan kami punya rumah, kami tinggalkan ternak dan gunung. Kami ingin mau pulang, tetapi kami takut. Kami akan kembali ketika situasi sudah aman,” katanya sambil meneteskan air mata.

Domianus meminta kepada aparat TNI-Polri untuk memeriksa seluruh kawasan di Distrik Bibida dan memastikan bahwa tidak ada lagi kelompok bersenjata yang berada di wilayah itu.

“Apapun namanya, biar OPM atau TPN bahkan TNI non organik harus kosongkan Bibida. Kami saat ini trauma, mendengar tembakan sana sini, itu membuat kami takut. Kami tidak ingin lagi ada kontak tembak, kami ingin hidup damai,” pintanya.

Disamping itu, mereka meminta agar dibangun pos keamanan di Distrik Bibida dan dijaga oleh pasukan organik sehingga memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.

“Kami akan aman dan terlindung jika pos polisi dibangun di sana, lahannya sudah kami siapkan. Kami minta agar pos yang dibangun ditempati oleh pasukan organik yang sudah hidup bersama kami,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan masyarakat, Komandan Korem (Danrem) 173/PVB, Brigjen TNI Frits Wilem Richard Pelamonia menyatakan bahwa saat ini kondisi di Distrik Bibida, Paniai Timur, Dogomo dan Duma-Dama telah aman dan terkendali.

“Saya sendiri yang memimpin operasi dan saya telah sampai di ujung Distrik Bibida. Hari ini saya pastikan daerah tersebut sudah aman dan terkendali. Saat ini sudah tidak ada anggota TNI-Polri non organik yang beroperasi di sana, yang ada hanya anggota organik Paniai, yang tugasnya untuk menjamin keselamatan masyarakat Paniai,” tuturnya.

Frits menyampaikan, kehadiran aparat TNI-Polri di Bibida untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat sehingga tidak diteror lagi oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Itulah kenapa TNI-Polri hadir di sini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Dan operasi telah kami lakukan serta selesai. Saya yakinkan dan menjamin kepada Pj Gubernur dan Pj Bupati, bahwa lokasi Distrik Paniai Timur dan Bibida sudah aman, kami TNI-Polri sudah melakukan pembersihan dan penyisiran. Kami yakin apabila pengungsi kembali ke kampung halamannya, bisa beraktivitas dengan baik,” bebernya.

Advertisements

Dia pun menegaskan TNI-Polri akan memberikan jaminan keamanan apabila warga pulang ke Distrik Bibida.

“Kami TNI-Polri akan menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan pulang. Kami akan fasilitasi untuk pulang dan akan menyiapkan anggota di Bibida untuk menjaga saudara-saudara semua. Jangan takut, kami masih ada untuk memberikan jaminan itu,” tegasnya.

penulis : Firga
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan