Toko Terapung ini Berada di Tengah Hutan

TOKO TERAPUNG | Kapal Berkat Usaha berlabuh di Perbatasan Kabupaten Asmat dan Kabupaten MAPPI. (Foto: Sevianto Pakiding/SP)
TOKO TERAPUNG | Kapal Berkat Usaha berlabuh di Perbatasan Kabupaten Asmat dan Kabupaten MAPPI. (Foto: Sevianto Pakiding/SP)

ASMAT | Pagi itu, Jumat 4 September 2020, berlabuh sebuah kapal motor di Dermaga Kamur, ibu kota Distrik Pantai Kasuari, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Kapal berukuran 30-40 GT ini bukan membawa penumpang, atau pun mengangkut barang untuk didistribusi ke kios-kios yang bertengger di tepi sungai.

Kapal bernama Berkat Usaha ini sebenarnya adalah toko terapung. Ya, toko terapung. Di dalam kapal ini berlangsung transaksi jual-beli.

Beragam perabotan rumah tangga hingga peralatan masak ada di dalam kapal ini. Tidak hanya itu, terdapat peralatan berat seperti kulkas, sensor, bahkan genset.

Uniknya, Anda tidak akan menyangka menemukan toko serba ada ini di tengah hutan. Letaknya di wilayah pesisir terjauh Kabupaten Asmat, dekat perbatasan dengan Kabupaten Mappi.

Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 4 jam menggunakan speedboat berkekuatan 200 PK dari Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

IKLAN-TENGAH-berita

Berada di iklim tropis, wilayah ini merupakan hutan lebat sebelum disentuh pembangunan, diikuti aktivitas perdagangan, yang berperan penting menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Hunian masyarakat umumnya berada di tepi sungai. Orang-orang di sana menggunakan perahu sebagai moda transportasi utama, alih-alih memaksa mereka melintasi hutan belantara.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar