Toleransi Sangat Tinggi, Paskah di Mimika Berjalan Aman dan Tertib

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: Saldi/Seputar Papua)
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: Saldi/Seputar Papua)

TIMIKA | Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan bahwa peringatan atau perayaan Paskah tahun 2021 di Kabupaten Mimika, Papua, tidak lepas dari dari andil masyarakat yang turut serta mengamankan jalannya perayaan Paskah.

Ia mengklaim mulai dari hari Kamis, 1 April 2021 hingga hari Senin ini, 5 April 2021, perayaan Paskah terpantau berjalan dengan aman dan tertib.

Di mana, hampir tiap-tiap gereja yang melaksanakan ibadah Paskah dijaga oleh bukan hanya dari aparat TNI-Polri, melainkan masyarakat pun ikut menjaga demi kenyamanan umat nasrani dalam beribadah.

“Itu bukan karena kami aparat TNI-Polri, karena kesadaran daripada masyarakat itu sendiri,” katanya.

“Bahkan kami dibantu sekitar 1.000an dari relawan-relawan yang beragama lain, yang mengamankan saudara-saudara umat nasrani untuk menjalankan ibadah,” sambung Kapolres.

Dengan begitu, Kapolres memastikan bahwa tingkat toleransi antar umat beragama di Mimika sudah sangat tinggi. Sesama masyarakat sudah memiliki kesadaran dalam diri masing-masing bahwa penting menjaga kerukunan agar tetap terjaga, terutama antar umat beragama.

“Puji Tuhan, mulai hari Kamis sampai hari Senin ini, Paskah terakhir, di Kabupaten Mimika berjalan dengan aman dan tertib,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, aparat gabungan TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan Paskah berjumlah kurang lebih 500 personel, ditambah para relawan dari tiap-tiap organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Mimika. Mereka sebelumnya dikumpulkan dalam apel gelar pasukan di lapangan Timika Indah, pada 1 April 2021.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga