TP PKK Mappi Adakan Lomba Cipta Menu dari Bahan Pangan Lokal

Penjabat Ketua TP PKK Mappi, Stefanie Gabriela Gomar melihat menu yang dibuat peserta lomba. (Foto: Ist)
Penjabat Ketua TP PKK Mappi, Stefanie Gabriela Gomar melihat menu yang dibuat peserta lomba. (Foto: Ist)

TIMIKA | Tim penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan menggelar lomba cipta menu dari bahan pangan lokal.

Lomba ini dalam rangka menyemarakkan HUT ke 77 RI, dan diikuti 29 peserta dari perwakilan distrik serta berlangsung di halaman rumah jabatan bupati, Jumat (5/8/2022).

Penjabat Ketua TP PKK Mappi, Ny Stefanie Gabriella Lebang Gomar di sela-sela kegiatan menjelaskan, lomba cipta menu ini adalah salah satu upaya untuk memberikan wadah kepada masyarakat, khususnya mama-mama untuk menuangkan ide kreatifitas dalam mengolah pangan lokal seperti sagu menjadi menu variatif.

“Menu variatif yang dibuat ini misalnya ada yang buat seperti burger, pizza dan menu lainnya,” kata Stefanie.

Adanya inovasi ini menurut Stefanie, bisa dikembangkan oleh mama-mama menjadi sebuah usaha skala kecil yang bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Ini jadi PR kami bagaimana bisa membantu masyarakat meningkatkan ekonominya,” ucapnya.

Hal ini  tentu membutuhkan proses panjang, tetapi Stefanie meyakini akan menjadi prioritas TP PKK Mappi untuk berupaya bagaimana menciptakan inovasi penganan lokal sebagai makanan khas dari Mappi.

TP PKK juga akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk memfasilitasi pemasaran produk dengan mendirikan toko atau kios yang menjual produk UMKM dari bahan pangan lokal.

Stefanie mengatakan, dari perlombaan yang dibuat TP PKK Mappi akan melihat peserta yang dinilai mampu untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi maupun pusat.

“Para juara akan dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Mappi. Sebelum berangkat kita latih agar dari Mappi bisa menampilkan hasil karya yang betul-betul dikenal masyarakat luar,” terangnya.

Dia menambahkan, besar harapannya agar dengan lomba cipta menu ini mama-mama di Mappi bisa lebih berkembang menampilkan ide dan kreativitas kepada masyarakat luas.

“Saya harap mama-mama bisa menampilkan hasil kreativitas kepada masyarakat bukan hanya di Mappi tapi di luar Mappi agar potensi daerah berjuluk Kota Rawa itu bisa lebih dikenal masyarakat luas,” katanya.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.