TP PKK Mappi Sosialisasikan Kelembagaan dan Administrasi di Distrik Nambioman Bapai

Ketua Penjabat PKK Mappi Ny. Stefanie Gomar
Foto bersama Ketua Penjabat PKK Mappi Ny. Stefanie Gomar.

TIMIKA | Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi menggelar sosialisasi kelembagaan dan administrasi PKK di Distrik Nambioman Bapai.

Peserta sosialisasi diantaramya TP PKK Distrik Nambioman, TP PKK Kampung Mur, TP PKK Kampung Linggua, TP PKK Kampung Katan dan TP PKK Kampung Yatan.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Gereja Katolik St. Kristoforus Mur, pada Sabtu (17/09/2022).

Sosialisasi ini dihadiri Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar serta sejumlah pengurus PKK kabupaten Mappi yang membawahi bidang kelembagaan dan administrasi.

Ny. Stefanie Gomar dalam sambutannya, mengatakan berkaitan dengan sosialisasi kelembagaan ini dikhususkan bagi tim PKK distrik dan PKK kampung.

“Seperti informasi yang saya dapatkan, selama ini banyak kendala yang dialami oleh PKK Distrik dan PKK Kampung dilapangan. Yang paling dasar adalah kurangnya pengetahuan tentang organisasi PKK itu sendiri,” ucapnya.

Katanya, hal ini menjadi salah satu perhatian penting bagi TP PKK Kabupaten Mappi. Selain itu adanya informasi yang dari PKK Distrik bahwa selain kurangnya pemahaman tentang kelembagaan dan administrasi, keuangan juga menjadi salah satu faktor tidak terlaksananya program PKK di tingkat distrik dan kampung. Oleh sebab itu persoalan ini akan bahas dalam materi sosialisasi.

Ia menuturkan, PKK merupakan organisasi nasional yang bertujuan untuk mensejahterahkan seluruh keluarga Indonesia.

Demi tercapainya tujuan ini, dalam pelaksanaanya dibentuklah kelompok kerja (Pokja) masing- masing.

Lebih lanjut, Pokja ini terbagi ke dalam empat kelompok, yakni Pokja satu sebagai pengelola program pengamalan dan penghayatan Pancasila dan gotong royong.

Pokja dua, sebagai pengelolah program pendidikan dan keterampilan pengembangan kehidupan berkoperasi.

Pokja tiga sebagai pengelolah program pangan, sandang, perumahan dan tata laksanakan rumah tangga, dan Pokja empat sebagai pengelolah program kesehatan kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Dengan adanya Pokja ini, maka kita bisa menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tupoksi kita masing-masing dengan baik,” tuturnya.

Stefanie menyebutkan, apabila sudah memahami dengan baik tugas dan fungsi serta apa yang harus dikerjakan oleh masing-masing Pokja, maka segala program kerja bisa dijalankan secara maksimal.

Adapun pemateri dalam sosialisasi tersebut, Sekretaris PKK kabupaten Mappi yakni, Ny. Paskalina Ditubun Suryadi membawakan materi tentang kelembagaan dan admistrasi PKK mulai tugas fungsi, tanggungjawab dan peran serta dari anggota PKK itu sendiri.

Sementara pemateri kedua Ny. Carla F. Irwantiyastuti Karubun, memberikan materi tentang administrasi keuangan.

Materi administrasi keuangan ini tentunya membahas prosedur serta aturan dalam penggunaan pengalokasian dana dalam keorganisasian PKK itu sendiri.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PKK Distrik Nambioman Bapai, Ny. Yohana Swarsih Danari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat Ketua PKK dan Pengurus PKK kabupaten Mappi yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Saya selaku ketua PKK Distrik dan mewakili PKK Kampung merasa bangga dan apresiasi sekali kepada Penjabat Ketua PPK kabupaten yang telah melaksanakan kegiatan ini,”ucapnya.

Ia mengatakan, ini kali pertama di Distrik Nambioman Bapai ada kegiatan kolaborasi antara tim PKK kabupaten bersama Bhayangkari Polres Mappi dalam  mensosialisasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum).

Ia menjelaskan, selain itu PKK Distrik dan PKK  Kampung sangat mengapresiasi dengan adanya sosialisasi kelembagaan dan administrasi di organisasi PKK ini.

“Terus terang selama ini kami secara garis besar saja mengetahui tentang struktur kepengurusan PKK dan kedalamnya kami belum terlalu tahu. Dan syukur hari ini kami bisa mendengar langsung materi sehingga ada pencerahan dan pemahaman. Dan kedepan kami berharap supaya kunjungan seperti ini bisa dilaksanakan beberapa bulan sekali,” ucapnya

Ia menerangkan, sebagai ketua PKK Distrik Nambioman Bapai, dirinya memiliki suatu kerinduan dimana pihaknya jarang berorganisasi dan selama ini PKK Distrik sendiri selalu terbentur dengan masalah dana.

“Kami PKK di distrik dari tahun ke tahun memang tidak ada dana, semoga ibu penjabat ketua bisa melihat situasi ini. Memang tadi sudah sempat dibahas dan direspons dengan sangat baik oleh ibu ketua,” ungkapnya.

Ia berharap, apabila ada program atau ide-ide baru dari PKK kabupaten diharapkan juga dapat di informasi kepada mereka di Distrik. Sehingga program yang dilaksanakan di Distrik bisa berkesinambungan dengan program di PKK kabupaten.

“Kami dari PKK Distrik minta kalau memang ada kegiatan di PKK kabupaten tolong perdayakan dan libatkan kami. Dan terakhir permintaan kami tolong PKK Kabupaten, PKK Distrik dan PKK Kampung selalu ada koordinasi yang baik,” pungkasnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.