TPNPB-OPM Sebut Klaim Benny Wenda Kegagalan ULMWP

Mayjen (TPNPB) Terryanus Satto dan Sebby Sambom. (Ist/SP)
Mayjen (TPNPB) Terryanus Satto dan Sebby Sambom. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menentang klaim Benny Wenda yang mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara Republik Papua Barat.

TPNPB-OPM menilai pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) itu yang juga mengangkat dirinya sebagai Presiden Sementara Republik Papua Barat, adalah kegagalan ULMWP dan Benny Wenda sendiri.

“Klaim Benny Wenda sebagai president sementara Negara Republic Papua Barat adalah kegagalan ULMWP dan Benny Wenda itu sendiri,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom kepada Seputarpapua.com, Rabu (2/12).

Sebby mengatakan, TPNPB menyangkal klaim Benny Wenda yang mengumumkan pemerintahannya di negara asing, dan jelas tidak mempunyai legitimasi mayoritas rakyat Papua, serta diluar dari wilayah hukum revolusi.

“TPNPB-OPM juga tidak bisa akui klaim Benny Wenda, karena Benny Wenda adalah warga Negara Inggris dan menurut hukum international bahwa warga negara asing tidak bisa menjadi President Republic Papua Barat,” katanya.

Ia menegaskan, bahwa menurut hukum international Benny Wenda telah melakukan deklarasi dan mengumumkan Negara serta klaim menyesatkan di negara asing, yaitu di teritori Kerajaan Inggris.

IKLAN-TENGAH-berita

“Itu sangat tidak benar dan tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia. TPNPB-OPM sangat tidak akui dan tidak akan kompromi dengan Benny Wenda, karena deklarasi Negara Papua Barat ketika berkantor di Inggris yang bukan merupakan daerah revolusi,” katanya lagi.

Karena itu, atasnama Panglima Tinggi TPNPB-OPM, Kepala Staf Umum Terryanus Satto dengan tegas menolak klaim Benny Wenda yang juga dinilai tidak akan menguntungkan keinginan rakyat Bangsa Papua untuk merdeka penuh dari Indonesia.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar