TPNPB Ungkap Alasan Tembak Dua Pesawat Dalam Sehari

Pesawat MAF Dibakar

TIMIKA | Kelompok separatis membakar pesawat terbang perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) dan menembak helikopter yang dikontrak PT. Freeport Indonesia dalam serangan terpisah di Papua pada Rabu 6 Januari 2021.

Polisi menemukan lubang peluru di badan helikopter milik PT Sayap Garuda Indah (SGI) dan barang bukti berupa proyektil kaliber 7,62 mm usai serangan tembakan di helipad Benangin, Kampung Tsinga, Tembagapura, Mimika.

Otoritas keamanan setempat menuding tembakan itu berasal dari kelompok separatis yang bermarkas di Kalikopi, wilayah dataran tinggi Mimika yang dikitari tebing terjal dan hutan belantara, sejajar dengan Mile 50 jalan tambang Freeport.

Pada hari yang sama, kelompok bersenjata membakar pesawat perintis PK-MAO yang dioperasikan organisasi kemanusiaan Kristen Amerika (MAF), setelah mendarat di lapangan terbang kampung Pagamba, distrik Mbiandoga, Intan Jaya.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw mengakui pihaknya kesulitan menjangkau lokasi kejadian yang berada pada medan yang cukup sulit dan wilayah sangat terpencil di Intan Jaya.

“Kami menunggu perkembangan dari Kapolres Intan Jaya. Memang kendala terbesar ada dua, selain cuaca medan, keadaan alam maksud saya, juga komunikasi,” kata Waterpauw.

IKLAN-TENGAH-berita

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) – sayap bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM), mengaku bertanggung jawab atas kedua insiden tersebut.

Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom kepada Seputarpapua.com, Jumat (8/1/2021), menuduh bahwa pesawat tersebut digunakan untuk mengangkut personel militer dan polisi serta pasokan logistiknya.

“Penembakan pesawat oleh pasukan TPNPB ini dipimpin oleh Undius Kogoya. Komandan Batalyon Ayon Zagani melaporkan kepada saya bahwa mereka menembak satu pesawat jenis cessna MAO,” katanya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar