Tradisi Bagi Danbrigif 20/3 Kostrad yang Baru, Berlari Sejauh 7 KM

BERLARI | Letkol Inf. Edy Widyanto yang kini menjabat sebagai Danbrigif 20/3 Kostrad berlari menuju mako yang merupakan tradisi penyambutan pejabat baru, Senin (29/6). (Foto: Brigif 20/3 Kostrad)
BERLARI | Letkol Inf. Edy Widyanto yang kini menjabat sebagai Danbrigif 20/3 Kostrad berlari menuju mako yang merupakan tradisi penyambutan pejabat baru, Senin (29/6). (Foto: Brigif 20/3 Kostrad)

TIMIKA | Letnan Kolonel Inf. Edy Widyanto kini menjabat Komandan Brigif 20/3 Kostrad menggantikan Kolonel Inf. Charles B.P Sagala.

Serah terima jabatan pucuk pimpinan ini telah dilakukan pada Sabtu (27/6) di Aula Madivif 3 Kostrad, Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sertijab ini dipimpin langsung Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad Mayjen TNI Achmad Marzuki.

Senin (29/6) Letnan Kolonel Inf Edy Widyanto menginjakkan kakinya di Kabupaten Mimika, Papua, yang merupakan wilayah kedudukan markas komando Brigif 20/3 Kostrad.

Menariknya, sebelum pria yang biasa disapa Edy ini memasuki markas komando ada tradisi yang harus dilalui, yaitu berlari dan berjalan sejauh 7 kilo meter.

Dengan diguyur hujan, Letkol Edy tampak semangat berlari didampingi sejumlah prajurit.

Setibanya di depan markas komando, Letkol Edy yang didampingi istri kemudian disambut dengan pengalungan bunga dan pemberian hormat jajar dari jaga kesatrian.

Selanjutnya, Letkol Edy di arak prajurit menuju ke depan Kantor Mako Brigif 20/3 Kostrad untuk menerima acara pedang pora.

Kemudian dilanjutkan dengan penciuman Dhuaja Brigif 20/3 Kostrad, dan memakan buah pinang sebagai tanda sudah sah menjadi bagian dari keluarga besar Brigif 20/3 Kostrad.

Pasi Pam Simabrig Denma Brigif 20/3 Kostrad, Kapten Inf. Dominggus Kainama mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk tradisi untuk memberikan penghargaan kepada warga Brigif 20/3 Kostrad yang baru diterima menjadi warga di satuan ini.

Tujuannya, untuk menanamkan jiwa korsa, soliditas dan semangat pengabdian, serta menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan kepada satuan

“Tradisi ini menjadi ciri khas dalam kehidupan satuan Brigif 20/3 Kostrad,” kata Kapten Dominggus dalam keterangan tertulisnya, Senin siang.

Dalam acara ini dihadiri Danyonif 754, Danyonif 755, para Kasi Brigif 20, para Perwira, Bintara dan Tamtama serta ibu-ibu pengurus Persit KCK Cabang XXXII Brigif 20 Divif 3 PG Kostrad.

Letkol Inf. Edy Widyanto sebelum menjabat sebagai Danbrigif 20 IJK/3 Kostrad, dia menjabat sebagai Pabandya-2/Lur Spaban V/Sahlur Spersad, Mabes TNI AD.

Sedangkan Kolonel Inf. Charles B.P Sagala kini mendapat jabatan baru sebagai Kasiops Kasrem 151/Binaya Kodam XVI/Pattimura.

 

Reporter: Aditra
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar