Traffic Penerbangan saat PON di Mimika Diprediksi Bakal Meningkat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BANDARA | Situasi Bandara Mozes Kilangin sisi selatan(Insert: Andi Nurwansyah) (Foto: Dok/Muji/Seputar Papua)
BANDARA | Situasi Bandara Mozes Kilangin sisi selatan(Insert: Andi Nurwansyah) (Foto: Dok/Muji/Seputar Papua)

TIMIKA | Lalu lintas penerbangan diprediksi akan meningkat saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX khususnya di Mimika, Provinsi Papua.

“Kami prediksi saat PON nanti, untuk jadwal penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Timika sangat tinggi,” kata Kepala AirNav Indonesia Cabang Timika Andi Nurwansyah saat ditemui di terminal umum Bandara Mozes Kilangin sisi selatan, Minggu (4/4/2021).

Kata dia, tingginya traffic penerbangan dipengaruhi penumpang maupun kontingen dari daerah-daerah yang datang ke Mimika.

Untuk itu, kemungkinan besar sejumlah maskapai akan mengajukan penambahan jam penerbangan ke Timika.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan prosentase kenaikan traffic penerbangan karena belum mengetahui jumlah peserta yang akan datang mengikuti pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

“Nanti kalau sudah diketahui akan dibandingkan dengan komposisi atau jumlah penerbangan, maka bisa diketahui berapa prosentase peningkatannya,” jelas Andi.

“Saat ini ada beberapa pesawat berbadan besar yang melayani Timika, yakni Garuda, Sriwijaya, Batik Air, Lion Air, dan ditambah dengan pesawat yang melayani kargo,” terangnya.

Kata Andi, untuk kapasitas Bandara Mozes Kilangin sisi selatan sangat memenuhi. Apalagi saat ini, pemerintah terus menggenjot pengembangan bandara, mulai dari penyelesaian terminal umum, penambahan runway, appron, dan lainnya.

Karena itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang pada masalah kebandarudaraan, mulai AVCO, UPBU dan lainnya.

“Koordinasi ini penting, karena AirNav yang bergerak dari sisi navigasi tidak bisa bekerja sendiri. Tentunya membutuhkan pihak-pihak yang mengurusi pesawat di darat,” ungkapnya.

Berita Terkait
Baca Juga