Tren Pendapatan di Mimika Berjalan Baik Hingga Mei

Kepala Bapenda Kabupaten Mimika, Dwi Cholifah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Bapenda Kabupaten Mimika, Dwi Cholifah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Dwi Cholifah menjelaskan tren pendapatan triwulan pertama dan kedua hingga Mei.

Pada triwulan pertama dan kedua ini, realisasi dana perimbangan, dana bagi hasil (DBH) dan dana alokasi umum (DAU) semua mengikuti mekanisme transfer.

Artinya pada triwulan satu dan dua itu masih mengikuti seperti royalti sekian persen.

Sedangkan dari pendapatan asli daerah (PAD) posisi masih sama-sama di kisaran 15 sampai 20 persen.

“Artinya hotel, restauran dan lainnya cukup bagus. Posisi kas daerah juga cukup aman,” katanya saat diwawancara di kantornya, Rabu (18/5/2022).

Dwi lebih lanjut mengatakan nantinya akan dilihat apakah APBD induk ini kira-kira dari sisi pendapatan mencapai sampai akhir tahun.

“APBD induk ini kira-kira dari sisi pendapatan mencapai sampai akhir tahun ataukah ada penambahan, ataukah nanti ada pengurangan ataukah tetap pergeseran antar kegiatan saja, itu nanti kita lihat,” jelas Dwi.

Hingga  pertengahan bulan Mei ini posisi pendapatan aman. “Artinya dari sisi sektor pendapatan dari PAD dana perimbangan dan dana lainnya masih sesuai dengan mekanisme tidak ada hal yang istilahnya refocusing, tidak ada pemotongan, pengurangan semua berjalan aman,” katanya.

Secara keseluruhan capaian APBD Mimika kemungkinan sudah dikisaran 20 persen.

“Ini kan mau masuk triwulan 2 terakhir, biasanya mencapai 20 30 persen. Nanti triwulan 3 4 tiba tiba melegit,” tambahnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.