Tujuh Duta Kosmetik Aman Terpilih di Timika, Tiga Orang Siap Dibina BPOM RI

Tujuh duta kosmetik aman berfoto usai pemilihan oleh Loka POM Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Tujuh duta kosmetik aman berfoto usai pemilihan oleh Loka POM Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Loka PIM Timika mengadakan pemilihan duta kosmetik aman Mimika tahun 2022 dan terpilih tujuh duta dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Mimika.

Dari ketujuh duta yang terpilih, tiga diantaranya akan dibina langsung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, sedangkan empat lainnya akan dibina oleh Loka POM Timika.

Para duta ini sebelumnya telah mengikuti sejumlah tes, beberapa diantaranya tes wawancara dan IQ. test terakhir yang dilakukan ialah menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan dalam waktu 60 detik.

Pemilihan berlangsung di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso Timika, Sabtu (4/6/2022) dihadiri Miss Ultra Universe Indonesia Tahun 2021, Kezya Amy Edoway.

Kepala Loka POM Timika, Lukas Dosonugroho menjelaskan, kemajuan teknologi yang pesat dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat sangat mempengaruhi peredaran kosmetik di pasaran.

Generasi milenial khususnya tentu akrab dengan transaksi jual beli online termasuk produk kosmetika.

“Tapi produk yang dijual secara online belum tentu memenuhi persyaratan, keamanan, mutu, dan manfaat,” kata Lukas.

Lanjutnya produk dengan harga murah dan merek terkenal membuat konsumen kurang waspada dengan produk kosmetik ilegal atau yang mengandung bahan berbahaya.

Tingkat pengetahuan dan kesadaran konsumen yang rendah dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan berlimpah dengan cara yang ilegal.

“Maka di sinilah peran duta kosmetik aman untuk meluruskan pola pikir dan pengetahuan masyarakat,” tutur Lukas.

Selain pemilihan duta kosmetik aman, juga ada sosialisasi keamanan makanan, obat tradisional, kosmetik dan suplemen makanan kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan itu.

Pelajar yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa melanjutkan informasi tang diperoleh kepada orang di sekitar mulai dari keluarga, teman dan tetangga.

Duta kosmetik yang terpilih ini nanti akan menjadi agen yang membantu menyebarluaskan informasi tentang kosmetik aman dan juga produk yang harus ada ijin edar.

“Kami harap dengan terpilihnya duta kosmetik ini, bisa menyampaikan, ikut mengawasi di lapangan secara mandiri serta membuat konten-konten menarik di sosial media masing-masing,” harapnya.

Lukas menambahkan, kehadiran Miss Ultra Universe Indonesia juga untuk memberikan materi tentang publik speaking agar para duta yang terpilih bisa lebih berani tanpa malu-malu tampil di depan publik.

Sementara, Miss Ultra Universe Indonesia tahun 2021, Keyza Amy Edoway mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan berdampak positif.

Ini menurutnya memberi semangat baru untuk para pelajar khususnya duta kosmetik aman dalam penyebaran informasi mengenai kesehatan makanan yang dikonsumsi dan juga kosmetik A yang dipakai.

“Karena anak-anak zaman sekarang sudah pakai skincare. Dengan adanya ini mereka juga dapat diarahkan mana yang bisa dipakai dan tidak,” kata Kezya.

Kezya berpesan kepada duta kosmetik aman yang terpilih agar bisa membantu menyebarluaskan informasi tentang keamanan pangan dan kosmetik kepada masyarakat luas.

“Diharapkan kedepan mereka dapat menjalankan tugas mereka, jadi bukan cuma nama saja tapi tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada mereka dapat dijalankan,” ungkapnya.

Berikut tujuh duta kosmetik aman yang terpilih.

3 Duta Kosmetik yang siap dibina BPOM RI
1. Salomita Hohakay – SMA Negeri I Mimika
2. Miftahul Janna – STIE JB Timika
3. Amne Griffin Magal – SMA YPPK Tiga Raja Timika

Duta kosmetik yang dibina Loka POM Timika
1. Bela Regina Rachman – STIE JB Timika
2. Kerintina Damayanti Sijabat – SMA Negeri I Mimika
3. Melati Rahmadani – SMA Negeri 2 Mimika
4. Rian Hidayat – SMA Negeri 2 Mimika

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.