Tunggu Pemeriksaan Kesehatan, Pengungsi Tembagapura Belum Dipulangkan

PENGUNGSI | Ratusan pengungsi dari Tembagapura masih berkumpul di posko pengungsi, jalan C. Heatubun, Timika. (Foto: Saldi/SP)
PENGUNGSI | Ratusan pengungsi dari Tembagapura masih berkumpul di posko pengungsi, jalan C. Heatubun, Timika. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Hingga siang ini, Senin (18/1/2021), ratusan warga pengungsi dari Tembagapura, Mimika, Papua masih dikumpulkan di posko mereka, Jalan C. Heatubun, Timika.

Berdasarkan pantauan Seputarpapua.com, para pengungsi yang dikoordinir oleh Mama Martina Natkime, masih menunggu petunjuk dari pemerintah setempat.

Sebab, informasi yang mereka peroleh, sebelum naik ke kampung mereka di Tembagapura, harus dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes antigen, mengingat sedang masa pandemi Covid-19.

“Kami masih tunggu bapak wakil bupati sama tim datang, mau periksa dulu baru kita naik,” ujar Mama Martina Natkime.

Pagi tadi, hampir 500an warga pengungsi sudah mendatangi terminal milik PT Freeport Indonesia di area Gorong-Gorong. Namun mereka terpaksa kembali ke posko lantaran harus dilakukan pendataan ulang maupun pemeriksaan kesehatan.

Informasi terakhir yang disampaikan Mama Martina, saat ini juga wakil bupati bersama tim sedang melakukan pertemuan guna membahas kelancaran pemulangan para pengungsi.

IKLAN-TENGAH-berita

Bahkan, ditegaskan Martina bahwa, untuk trip pertama, akan diutamakan warga asli Tembagapura mulai dari kampung Banti 1, Banti 2 dan Opitawak.

“Nanti yang pertama naik orang asli dari Banti 1, Banti 2 sama Opitawak,” katanya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar