Turnamen Biliar Mimika Open Nine Ball Diikuti 100 Atlet Papua dan Papua Barat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PENARIKAN | Panitia turnamen Mimika Open Nine Ball melakukan proses penarikan (drawing) peserta turnamen, Selasa (6/4/2021). (Foto: Saldi/Seputar Papua)
PENARIKAN | Panitia turnamen Mimika Open Nine Ball melakukan proses penarikan (drawing) peserta turnamen, Selasa (6/4/2021). (Foto: Saldi/Seputar Papua)

TIMIKA | Turnamen biliar bertajuk ‘Mimika Open Nine Ball’ akan mulai bergulir besok, Rabu, 7 April 2021.

Sebanyak 100 atlet Papua dan Papua Barat siap unjuk kemampuannya dalam turnamen yang diadakan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Mimika ini.

Dari hasil drawing (penarikan) yang dilaksanakan panitia di lokasi turnamen Paradise Billiar, Jalan Budi Utomo-Timika, Selasa (6/4/2021) malam, dan diikuti oleh atlet maupun perwakilan, drawing dipimpin langsung Ketua Panitia, Rocky Pattinama.

Pada kesempatan itu, Rocky menjelaskan bahwa drawing dibagi menjadi dua kategori, yakni handicap (rintangan) 3 yang merupakan atlet pemula lokal Mimika, dan handicap 4, 5, dan 6 yang merupakan atlet gabungan dari tuan rumah Mimika, Papua lainnya, dan Papua Barat.

“Dari drawing ini total keseluruhan atlet yang mengikuti pertandingan sebanyak 100 orang, dari Mimika dengan 64 atlet, dari Papua luar Mimika dan Papua Barat atlet yang mewakili sebanyak 36 orang,” kata Rocky.

Diantara 100 atlet yang menjadi perserta dalam turnamen ini, terdapat tiga atlet PON Papua yang tediri dari dua atlet pria dan satu atlet perempuan, yakni Bahrain, Agus Meaga dan Fatih.

Sementara atlet perempuan asal Mimika yang tercatat sebagai atlet nasional SEA Games, Silviana Lu, belum bisa bergabung mengikuti turnamen ini lantaran dalam persiapan untuk mengikuti kejuaraan dunia secara virtual pada 13 April 2021.

Rocky menjelaskan, babak kualifikasi akan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 7-8 April 2021. Kualifikasi itu akan mengambil 64 atlet untuk lolos ke babak selanjutnya, terdiri dari 32 atlet kelas handicap 3 lokal Mimika, dan 32 dari handicap 4, 5 dan 6.

“Kita pakai sistim double elimination, artinya dua kali kalah bermain baru gugur. Jadi kalau satu kali kalah, dia masih punya kesempatan satu kali lagi untuk lolos. Kalau kalah dua kali berturut-turut, secara otomatis dia gugur,” jelasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti