Turun Kampung, Pj Bupati Mappi Ajak Masyarakat Maknai Pancasila

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar ketika mendengarkan aspirasi masyarakat.
Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar ketika mendengarkan aspirasi masyarakat.

MAPPI | Banyak cara yang dilakukan untuk mengajak masyarakat memaknai Pancasila. Salah satunya yang dilakukan PJ Bupati Mappi Michael R. Gomar, Sabtu (1/10/2022).

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, Gomar mengunjungi masyarakat di Kampung Paghai, Distrik Haju.

Dengan menggunakan sepeda motor,  Gomar bersama rombongan menyambangi masyarakat di Kampung Paghai.

Perjalanan menuju Kampung Paghai kurang lebih 50 kilometer.

Gomar dan rombongan pun disambut kepala distrik, kepala kampung dan masyarakat.

Kehadiran Gomar untuk membangkitan semangat masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sebagai warga Negara yang baik, kata Gomar, sudah sepatutnya masyarakat dan para generasi muda untuk wajib menjaga keutuhan NKRI dengan baik, dan berpedoman pada Pancasila.

“Kami datang bersama rombongan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tanggal 1 Oktober yang mana bertepatan pada hari ini. Di moment ini saya mengajak bapak ibu saudara semua untuk memaknai butir -butir pancasila serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Gomar.

 

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar menggunakan sepeda motor menuju Distrik Haju.

 

Selain mengajak masyarakat memaknai Pancasila, Gomar juga meninjau pembangunan di kampung dan mendengarkan langsung aspirasi dari masyarakat.

Gomar mengakui, kondisi jalan menuju Distrik Haju memang cukup sulit untuk dijangkau dengan medan yang begitu berat.

Meski demikian, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Gomar, untuk merasakan langsung kondisi jalan sehingga kedepannya dapat diperhatikan.

“Apabila akses jalan sudah baik, maka roda perekonomian masyarakat juga akan ikut membaik,” ujar Gomar.

Kepala Distrik Haju Agustinus Undagi menyampaikan terimakasih kepada PJ Bupati Mappi yang sudah mendatangi langsung wilayah mereka.

Pasalnya kedatangan, Gomar bersama rombongan tentunya membawa harapan baru bagi masyarakat di distrik tersebut.

Artinya, dalam kesempatan itu mereka bisa menyampaikan langsung keluhan serta kendala yang dialami masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih bapak PJ Bupati hari ini bisa datang ke distrik kami,” ucap Agustinus.

Agustinus menambahkan, di moment Hari Kesaktian Pancasila, dirinya mengajak semua lapisan masyarakat di Distrik Haju untuk tetap menjaga keutuhan Pancasila dalam bingkai NKRI.

“Pada hari ini saya ajak semua masyarakat khususnya anak -anak muda untuk tetap menjagai nilai -nilai Pancasila dan tetap solid dalam bingkai NKRI,” ujar Agustinus.

Hal senada juga disampaikan tokoh pemuda Kampung Paghai Selestinus Ero. Dirinya mengajak semua generasi penerus untuk tetap menjaga keutuhan NKRI.

“Kami senang bapak PJ Bupati bisa datang kesini. Saya juga mau ajak generasi penerus, khususnya anak-anak muda untuk tetap menjaga nilai-nilai Pancasia di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Salestinus.

Pada kesempatan itu juga, Gomar menyerahkan bantuan bahan makanan  kepada masyarakat.

Turut serta dalam rombongan yakni, Anggota DPRD Kabupaten Mappi Barnabas Gobay, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pertanian, serta pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Mappi.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.