Umat Muslim di Kota Agats Salat Idul Adha 1443 Hijriah di 3 Masjid

Salat Idul Adha asmat
Ustad Nurcholis saat menyampaikan khotba Idul Adha di Masjid An-Nur Agats, Minggu (10/7/2022).

ASMAT | Umat Muslim di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, melaksanakan salat Idul Adha 1443 H/ 2022 M, Minggu (10/7/2022).

Ada tiga masjid Kota Agats menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha, yakni Masjid Raya An-Nur, Masjid Saiful Buchori, dan Masjid Yapis.

Ketua PHBI Kabupaten Asmat Talib Kasim mengatakan, awalnya salat Idul Adha dipusatkan di lapangan depan masjid An-Nur. Hanya saja karena musim hujan, maka dipusatkan di 3 masjid.

“Kita agendakan di lapangan, hanya saja  musim hujan, maka pelaksanaan salat Idul Adha kali ini di masjid masing-masing,” kata Talib.

Menurut Talib, salat Idul Adha tidak hanya di Kota Agats, tetapi disejumlah masjid yang tersebar dibeberapa distrik di Kabupaten Asmat.

“Umat muslim juga melaksanakan salat Idul Adha di distrik lainya seperti Distrik Atsj, Suator, Sawaerma,” ujar Talib.

Sementara di Masjid An-Nur Agats, salat Idul Adha bertindak sebagai imam Ustad  H. Zainuddin Rumadaul, dan khotib Ustad Nurcholis.

Dalam khotbahnya, Ustad Nurcholis menyampaika Idul Adha sejatinya mengingatkan umat muslim  pada keikhlasan dan ketakwaan Nabi Ibrahin kepada Allah SWT.

“Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memiliki iman dan takwa seperti Nabi Ibrahim,” ujar Nurcholis.

Idul Adha, kata Nurcholis, juga memiliki istilah lain yang dinamakan dengan Idul Kurban.

“Karena di hari ini merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban, sebagaimana dijelaskan dalam  (QS. As-Saffat: 102),” kata Nurcholis.

Tidak hanya itu, Nurcholis mengajak umat muslim kita mendoakan umat Islam sedunia yang saat ini tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci akan menjadi haji yang mabrur.

“Dan bagi kita yang belum menunaikan ibadah haji, semoga Allah mudahkan kita melaksanakan ibadah ini ketika saatnya telah tiba,” pungkas Nurcholis.

reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.