Uncen Ditunjuk Wujudkan DBON untuk Papua Sebagai Provinsi Olahraga

Menpora saat menjadi penguji eksternal Kenius Kogoya. (Foto: Vidi)
Menpora saat menjadi penguji eksternal Kenius Kogoya. (Foto: Vidi)

JAYAPURA | Universitas Cenderawasih (Uncen) ditunjuk oleh pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk Papua sebagai provinsi Olahraga.

Menteri Pemuda dan Olahraga Nasional (Menpora) RI, Zainudin Amali menyebutkan pemerintah menjadikan Papua sebagai sentra pembinaan olahraga yang melibatkan perguruan tinggi yakni Uncen, disesuaikan dengan DBON.

Sekaligus dalam pemanfaatan fasilitas olahraga yang sudah dibangun.

“Olahraga menjadi satu hal bagi orang asli Papua dan juga sebagaimana yang akan menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga. Ini menjadi pekerjaan kita bersama, nanti kita akan berdiskusi dengan DPR Papua, KONI Papua, Uncen dan Pemerintah menindaklanjuti untuk tidak sia-sia,” kata Menpora Amali, Kamis (27/10/2022).

“Masyarakat Papua ini fassion-nya olahraga yang menjadi harga diri, martabat Orang Asli Papua karena didalamnya ada unsur olahraga, ada sportivitas, disiplin, kompetisi dan kita dorong. Apalagi Papua sudah miliki fasilitas olahraga, pasca PON yang tidak dimiliki provinsi lain, sehingga jangan mubasir tidak bisa digunakan fasilitas ini,” tambah Menpora.

Pembinaan usia dini menjadi bagian penting yang harus diharapkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami sesuai dengan Perpres 86 tentang DBON, Papua sebagai salah satu sentral pembinaan. Saya tegaskan, bahwa pembinaan untuk talenta-talenta baik usia dini, saya tempelkan dengan perguruan tinggi dan itu Uncen karena SDM nya banyak, pemeliharaan sudah pasti dan penggunaannya juga banyak,” kata Menpora.

Sementara Rektor Uncen Dr. Apolo Safanpo mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan dengan menjadikan Uncen sebagai wadah pengembangan pembinaan prestasi olahraga di tanah Papua.

“Ini merupakan motivasi dan pendorong semangat bagi kami untuk laksanakan olahraga prestasi dengan presiden menetapkan Papua sebagai provinsi olahraga. Dan kami Uncen siap menjadi garda terdepan dalam pengembangan SDM olahraga di Papua,” tandas Rektor Uncen.

 

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan