Ungkapan Masyarakat dengan Hadirnya Program Kampung YPMAK

Warga Kampung Yaitak, Distrik Jita mengikuti pertemuan dengan YPMAK di Balai Kampung Sempan Timur, Sabtu (15/10/2022). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Warga Kampung Yaitak, Distrik Jita mengikuti pertemuan dengan YPMAK di Balai Kampung Sempan Timur, Sabtu (15/10/2022). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Mimika mengungkapkan perasaan senang dan haru dengan hadirnya program kampung dari Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Program kampung ini dibuat dengan tujuan pertama ialah membangun partisipasi masyarakat dan mendorong mereka untuk melihat kedepan kegiatan ekonomi apa yang bisa dilakukan, sehingga itu memberikan pendapatan bagi keluarga.

Sejak program ini berjalan, masyarakat sudah membuat berbagai kegiatan diawali dengan kegiatan padat karya seperti membuat jembatan, jalan maupun MCK.

Ada juga yang membuat kebun pisang, kebun sayur, bahkan ada yang sudah membuat koperasi di kampung.

Kegiatan-kegiatan ini direncanakan sendiri oleh masyarakat, kemudian dibantu tim dari YPMAK untuk pelaksanannya hingga laporan pertanggungjawaban.

Agustinus Wantik, Sekretaris Pokja Kampung Wenin, Distrik Jita mengatakan di program kali ini mereka membuat kebun sayur di kampung.

Hasil dari kebun itu sayurannya ada dijual ke tenaga kesehatan, guru maupun aparat keamanan yang bertugas disana.

Selain itu, hasil dari kebun sayur ini juga dikonsumsi oleh masyarakat di kampung, sehingga masyarakat tidak perlu lagi membeli.

“Kami mengucapkan terima kasih buat YPMAK yang terus memberikan yang terbaik untuk kita di kampung,” kata Agustinus saat diwawancara di Distrik Jita, Sabtu (15/10/2022).

Batalina Nerigi, Ketua Pokja Kampung Yaitak yang diwawancara di distrik Jita juga menceritakan kegiatan yang dibuat dengan program kampung, diantaranya membersihkan kebun pisang, kebun buah merah, membuat akses jalan dari kampung ke kebun.

Selain itu, dengan dana program kampung ini juga dipakai untuk membiayai transportasi, yaitu menyewa perahu.

“Terima kasih buat YPMAK dan Freeport, kamu sudah bantu kita dengan program ini,” katanya.

Advertisements

Kepala Kampung Waituku, Daud Taumanamo mengatakan, sejak dulu masyarakat di kampungnya itu sangat merindukan adanya bantuan dari Freeport melalui YPMAK.

“Ternyata tahun ini kita dapat bantuan dan sekarang mau pengadaan perahu dan mesin 40 PK, saya berterima kasih kepada YPMAK dan juga Freeport,” ungkap Daud di Kampung Waituku, Minggu (19/10/2022).

Ia berharap kedepannya bantuan dari program kampung maupun program lainnya dari Freeport melalui YPMAK bisa berjalan lancar untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Advertisements

 

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan