Usai Dijelaskan Bupati Eltinus Terkait Pembangunan, Mendagri Tito: Mimika Layak Jadi Ibukota Provinsi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KUNJUNGAN | Mendagri Tito Karnavian yang didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat mengunjungi terminal umum Bandara Mozes Kilangin pada sisi selatan. (Foto: Ist/Seputarpapua)
KUNJUNGAN | Mendagri Tito Karnavian yang didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat mengunjungi terminal umum Bandara Mozes Kilangin pada sisi selatan. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Minggu (4/4/2021) meninjau langsung pembangunan terminal umum Bandara Mozes Kilangin Mimika sisi selatan yang dibiayai APBN.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir mengatakan, Menteri Tito juga mengecek progres pembangunan terminal bandara yang dibiayai APBD Mimika.

“Kunjungan Pak Menteri ke Terminal Umum didampingi langsung oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Namun kunjungan ke terminal umum ini sangat singkat, karena Pak Mendagri masih ada jadwal lain di Jayapura,” kata Jania melalui telepon selulernya, Minggu.

Jania menjelaskan, Bupati Eltinus memberikan penjelasan terkait terminal umum yang dibiayai oleh APBN. Dimana, untuk terminal umum APBN ini kontraknya sampai Agustus 2021 nanti.

“Pak Bupati maunya operasional terminal yang dibangun lewat APBN ini setelah selesai kontrak. Bukan dalam waktu dekat seperti yang diwacanakan pada bulan Mei ini. Alasannya, biar seluruh pekerjaan rampung dan tidak dikerjakan terburu-buru,” katanya.

“Apalagi pelaksanaan PON XX nanti dimulai bulan Oktober 2021. Sehingga, kalau difungsikan pada Agustus masih bisa menunjang PON,” ujarnya.

Jania menambahkan, Bupati Eltinus juga menyampaikan kepada Mendagri rencana Pemkab Mimika memperpanjang runway sepanjang 800 meter.

“Selain terminal, Pemda Mimika juga akan menambah perpanjangan runway. Dimana panjang runway sekarang 2.280 meter dan akan ditambah 800 meter. Dengan demikian pesawat berbadan besar bisa mendarat,” terangnya.

Ia melanjutkan, dengan penambahan dan pengembangan Bandara Moses Kilangin sisi selatan ini, Bupati berharap kedepannya bandara Mozea Kilangin dapat dinaikkan statusnya menjadi bandara internasional.

Sehingga penerbangan dengan rute ke Australia tidak perlu ke Jakarta dulu. Tetapi bisa langsung dari Timika.

“Mudah-mudahan peningkatan status jadi bandara internasional ini bisa terwujud dalam waktu dekat,” kata Jania.

Jania menuturkan, dari semua yang dijelaskan Bupati Eltinus, membuat Mendagri Tito mengapresiasi apa yang sudah dilakukan dan mengatakan Mimika layak jadi ibukota provinsi.

Sejumlah pejabat dan tamu undangan langsung bertepuk tangan dan mengamini ucapan mendagri tersebut.

“Intinya Mendagri sangat mendukung, untuk pengembangan bandara. Serta pembangunan bidang lainnya,” ungkapnya

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

Berita Terkait
Baca Juga