seputarpapua.com

Usai Dilantik, RT akan Digaji Rp600 Ribu Perbulan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala DPMK, Petronela Adelce Uamang (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala DPMK, Petronela Adelce Uamang (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung telah melantik sebanyak 1.163 Rukun Tetangga (RT) yang tersebar dari 133 Kampung, 19 Kelurahan dan 18 Distrik.

Proses pelantikan berlangsung di pendopo rumah negara, Kamis (25/3/2021.

Para RT ini akan memperolah honorarium yang dibayar per triwulan yang bersumber pada APBD Kabupaten Mimika.

Untuk Honorarium para RT, Dinas Pemberdayaan Kampung sudah menyiapkan sebesar Rp 12 Miliar dalam tahun ini. Dimana 12 Miliar tersebut bukan hanya untuk RT saja melainkan juga untuk para tokoh agama.

“Jadi masing – masing perbulannya Rp600 ribu dan pembayarannya pertriwulan, dan pembayarannya nanti akan diatur lagi,” jelas Kepala DPMK, Petronela Adelce Uamang kepada awak media, Kamis.

Dijelaskan sebelumnya untuk tokoh agama ditangani oleh dinas sosial namun kini yang menangani honor dari tokoh agama adalah DPMK.

“Sudah tidak di dinsos sekarang kami yang tangani honor ketua RT dan tokoh agama, untuk tokoh agama, Kita mendata ulang dulu, sesuai dengan data baru kita alokasikan anggarannya,” jelas Petronela.

Untuk itu, Petronela memiliki harapan untuk para RT yang baru saja dilantik, dirinya berharap agar bisa selalu bekerjasama dengan Kelurahan dan pihak Distrik dan bisa melihat aspirasi masyarakat di wilayah masing – masing.

“Semoga bisa lebih kenal warganya, bisa siapkan administrasi kebutuhan warganya, aspirasi warganya bisa diteruskan di kelurahan dan kampung,” tuturnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga