Usai Sensus Penduduk, BPS Mimika Mulai Persiapan Survey Biaya Hidup

Trisno L Tamanampo
Trisno L Tamanampo

TIMIKA | Baru saja menyelesaikan Sensus Penduduk, Badan Pusat Statistik (BPS) mulai bersiap lagi untuk melaksanakan Survei Biaya Hidup (SBH).

Servei ini normalnya dilakukan lima tahun sekali. Artinya baru akan dilakukan pada 2022, namun BPS Mimika sudah mulai melakukan persiapan dari tahun 2021 ini.

SBH ini bertujuan untuk memperbaharui tahun dasar IHK dan angka indeks. Kemudian memperoleh paket komoditas dan diagram timbang dan mendapatkan data dasar nilai konsumsi (NK).

Selain itu, memperoleh keterangan sosial ekonomi rumah tangga. Kemudian data yang diperlukan untuk penghitungan pendapatan nasional dan regional. Sebagai penelitian pasar, analisis permintaan barang dan jasa dan analisis lain.

“Untuk SBH kami sudah mulai persiapkan dari sekarang, memberikan pelatihan untuk yang nantinya akan turun survey, dan lainnya,” kata Kepala BPS Mimika, Ir. Trisno L Tamanampo kepada Seputarpapua.com, Senin (1/2/2021).

Dijelaskan, melalui angka SBH ini juga akan menjadi patokan dalam perhitungan Inflasi. Dimana saat ini Inflasi dikeluarkan melalui data tahun 2018.

IKLAN-TENGAH-berita

“Nanti untuk SBH tahun 2022 akan kita gunakan data komoditasnya untuk Inflasi pada tahun 2023,” katanya.

Ia juga menjelaskan sasaran SBH adalah ke masyarakat yang nantinya ada sampel untuk masyarakat diwawancarai.

“Jadi tahun 2021 ini kita akan melaksanakan beberapa kegiatan selain SBH, ada pendataan potensi desa, dan beberapa survey lainnya,” tuturnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar