UTD RSUD Terus Membuka Ruang Bagi Masyarakat yang Mau Donor Darah

Ilustrasi (Freepic.com)
Ilustrasi (Freepic.com)

TIMIKA | Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika, Papua selalu berusaha agar kebutuhan darah terpenuhi.

Humas RSUD Mimika, Luki Mahakena menjelaskan pihaknya selalu membuka ruang bagi siapa saja yang dengan kerelaan hati mendonorkan darahnya sebab darah selalu dibutuhkan bagi pasien yang perlu mendapatkan transfusi darah.

“Kita tetap menerima bagi siapa saja baik pendonor yang rutin, atau berkala. Begitupun kami selalu mencoba memberikan surat kepada TNI/Polri maupun instansi lain serta paguyuban untuk bisa memberikan bantuan darah misalnya melalui kegiatan baksos dan lainnya,” kata Luki kepada seputarpapua.com, Selasa (10/5/2022).

Dijelaskan ketika pasien membutuhkan darah, selain mengambil stok, pihak pegawai rumah sakit juga keluarga inti biasa diminta untuk mendonorkan darahnya.

Dijelaskan darah sifatnya adalah fleksibel karena ada masa waktu penyimpanannya yang tidak bisa lama, hanya bisa bertahan sekitar 30 hari.

“Jadi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama, jadi kadang pasien membutuhkan darah perlu bantuan juga misalnya dari keluarga langsung yang memiliki golongan darah sama jadi darah yang fresh,” katanya.

Jika stok darah melimpah pun selalu dilihat dari waktu penyimpanannya.

“Darah itu dia punya masa bertahan itu ada batas limitnya. Karena bisa rusak jika penyimpanan lama, maka dianggap rusak,” pungkasnya.

Untuk stok darah per kemarin di RSUD golongan darah A tersedia 36 Kantong, B sebanyak 28 Kantong, darah O sebanyak 40 kantong, dan AB sebanyak 4 kantong. Dimana Kemarin juga dilaksanakan donor darah masal di Brigif Ima Jaya Keramo sehingga bisa membantu kebutuhan pasien di RSUD.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.