Venue Aquatic PON Papua Resmi Diakui Dunia

Aquatic diakui Dunia

JAYAPURA | Federation Internationale de Natation atau FINA selaku organisasi induk federasi olahraga renang dunia resmi memberikan sertifikasi untuk arena akuatik PON XX Papua yang berada di kawasan olahraga kampong harapan sentani, Kabupaten Jayapura.

Dengan sertifikasi itu, arena akuatik PON mendapatkan pengakuan sebagai arena yang sesuai standar Olimpiade, sehingga semua rekor yang tercipta pemecahannya akan mendapat pengakuan internasional atau dunia.

Perwakilan FINA yang diwakili Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sarman Simanjorang dan Ketua Bidang Sertifikasi Ade Sjam Tjachjadi, melakukan inspeksi langsung ke venue Akuatik.

Kegiatan ini didampingi Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II Papua Kementerian PUPR Anggoro Putro dan Project Manager PT PP Waskita Karya Hapsak Panca Pamungkas, Plt Koordinator Bidang Arena PB PON Carol Renwarin, Kadispora Kabupaten Jayapura Yaan Yoku.

Ketua Umum PB PRSI, Sarman Simanjorang, menyatakan bahwa bersejarah bagi Papua, karena secara resmi FINA selaku organisasi renang dunia melakukan sertifikat kolam renam PON Papua.

‘’Sertifikasi yang dilakukan ini secara during disaksikan di Spanyol, bahkan alat pengukur langsung didatangkan dari Negeri Matador. Dan venue ini sudah bisa dipakai dalam rangka persiapan test event jelang PON XX tahun 2021,” kata Sarman, Senin (27/7).

“Setelah ada venue Akuatik dan telah mendapat pengakuan dari dunia, PRSI Papua bisa fokus dalam proses peningkatan prestasi atlet, dan kedepan bisa membawa nama Papua dan Indonesia dalam event Internasional, bahkan bisa digunakan untuk kejuaraan bergengsi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sarman berharap Pemerintah Provinsi Papua dapat merawat kolam renang ini dengan baik. Sebab, hingga saat ini baru ada tiga kolam renang di Indonesia yang mendapat pengakuan dunia.

“Di Indonesia ada tiga kolam renang itu Akuatik GBK Jakarta, kolam renang PPOP Ragunan dan venue akuatik Papua. Namun ketika kita berdiri di kolam renang Papua, rasanya seperti berada di akuatik GBK Senayan Jakarta, Papua harus bangga punya venue semewah ini,” paparnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar